Beranda Tips Wordpress Cara Mudah Membuat Daftar Isi di WordPress

Cara Mudah Membuat Daftar Isi di WordPress

103
0
Advertisement

Pada kesempatan kali ini admin akan membahas bagaimana sih caranya Membuat Daftar Isi di WordPress. Tahukah kalian daftar isi bisa meningkatkan SEO di blog kamu..? Biasanya daftar isi terdiri dari judul, kategori dan tanggal terbit, dengan tujuan mempermudah navigasi pengunjung untuk bisa surfing dengan cepat dan nyaman.

Pengertian Daftar Isi atau Sitemap

Secara teoritis, daftar isi merupakan sistematika dari sebuah karya ilmiah, kalau dalam seni blogging daftar isi digunakan untuk mencantumkan seluruh judul artikel yang ada dalam situs berdasarkan kategori tertentu. Jadi fungsinya untuk mempercepat pencarian pengunjung terhadap konten yang mereka butuhkan.

Pengunjung yang cerdik pasti akan tau dimana dia bisa mendapatkan informasi yang ia cari ketika sedang bertamu ke sebuah situs dan pastinya pencarian mereka kebanyakan mendarat di daftar isi situs. Minimalnya untuk membuat sebuah daftar isi wajib mencantumkan judul artikel dan kategori supaya tersusun dengan baik.

Advertisement

Di wordpress, ada banyak komponen yang disediakan oleh pihak ketiga dalam bentuk plugin, baik itu yang gratisan atau pun berbayar. Jika sobat memiliki kantong yang tipis, maka jangan khawatir karena banyak versi gratisannya juga dan kinerjanya pun lumayan bisa diandalkan.

Penulis akan menggunakan plugin WP Sitemap Page untuk membuat sebuah daftar isi. Plugin ini sangat mudah cara memasangnya, sobat tidak perlu menyisipkan script yang sangat rumit seperti pada platform blogspot. Dalam langkah ini kita hanya perlu menginstalnya saja, silahkan cari pada direktori plugin di dasbor wordpress yang digunakan.

Berikut Cara Membuat Daftar Isi di WordPress

Silahkan sobat Login ke Dasboard WordPress kalian. Install Plugin WP Sitemap Page.

Lalu buat halaman baru dengan cara klik Laman lalu klik Laman baru.

Lalu isi judul terserah kalian, misalkan Daftar Isi. Lalu dibagian content isikan [#wp_sitemap_page only=”post”] (hilangkan tanda pagar) seperti dibawah ini.

Klik Terbitkan. Lalu lihat Hasilnya.

Nah.. Bagaimana sudah paham kan.. ?? Jika belum paham bisa kalian diskusikan di kolom komentar ya.. Cukup disini dulu ya pembahasan yang dapat admin berikan kepada kalian tentang bagaimana cara memasang sitemap atau daftar isi di WordPress. Jangan lupa share ke teman-teman kalian ya… Semoga bermanfaat..

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here