Beranda Berita Gadget 8 Cara Agar Baterai Hp Awet Tanpa Tambahan Aplikasi

8 Cara Agar Baterai Hp Awet Tanpa Tambahan Aplikasi

188
0
Advertisement

Di zaman yang sangat modern seperti sekarang ini, siapa sih di antara kalian yang tidak mengenal smartphone? Bahkan anak kecil pun sudah pegang yang namanya smartphone. Tapi terkadang smartphone yang kita beli baterainya sangatlah boros, Tapi kesempatan kali ini saya akan memberikan tips agar baterai hp awet dengan mudah.

Tapi, jika kapasitas baterai smartphone kalian kecil ya wajar saja, jadi kalian harus cari smartphone dengan daya tahan baterai yang besar agar bisa bertahan lama. Tapi walaupun besar juga terkadang tetap boros juga. Kalian juga harus paham mana baterai hp yang non removable (tidak bisa di lepas) atau yang biasa kita sebut baterai tanam dan removable (bisa di lepas).

Baca Juga : Vivo Y91 Punya Baterai Dengan Kapasitas Besar Lho !

Mungkin jika baterai hp yang bisa di lepas kalian bisa membelinya di toko hp dan harganya pun masih sangat terjangkau, tapi jika hp kalian menggunakan baterai tanam kalian harus bisa merawat baterai hp tanam itu. Jika tidak kalian harus membelinya dengan harga yang lumayan mahal.

Advertisement

Rata rata umur baterai smartphone itu sekitar 4.7 tahun atau ya 5 tahunan lah ya.. Ini waktu yang cukup lama jika kalian bisa merawat baterai hp nya. Ada juga yang cara menghemat baterai dengan menggunakan aplikasi, tapi di sini kita akan membahas cara agar baterai awet tanpa aplikasi apa sajakah itu ? Yuk kita baca ulasan berikut ini.

8 Cara Agar Baterai Hp Awet

Ada 8 cara untuk menghemat baterai hp, di antaranya adalah :

Hindari Mode Getar

Cara Agar Baterai Hp Awet

Nah kenapa kok kita harus menghindari mode getar ? Perlu kalian tau, jika kalian menggunakan mode getar ini justru membutuhkan daya besar untuk menggentarkan Mode Vibrator yang ada, sehingga baterai harus bekerja lebih. Jadi, jika kalian ada dalam posisi meeting kalian bisa gunakan Mode Silent.

Jangan Sampai Overheat

Apa sih overheat itu ? Overheat adalah benda dalam keadaan panas yang berlebih. Jadi jangan samapai smartphone kalian sampai panas dengan cara kalian jangan menggunakan smartphone dengan bijka sperti kalian menggunakankamera saat perlu saja, jangan over main game, dan mematikan aplikasi dari background.

Hindari Permukaan Yang Panas

Mungkin jika kalian mempunyai mobil, terkadang smartphone kita di letakkan di sembarang tempat dan terkadang juga langsung terpapar sinar matahari yang panas. Hal ini tidak di anjurkan karena panas dari luar yang bertemu dengan permukaan baterai akan lebih beresiko membuat baterai jadi kembung dan mudah drain.

Jangan Charge Baterai Semalam Suntuk

Ini nih yang pasti kalian semua pernah melakukannya, pasti saat tidur kalian charge smartphone kalian bahkan sebelum tidur pun tetap kalian charge sambil di buat mainan. Nah hal ini tidak di perkenankan buat kalian jika baterai hp kalian ingin awet, hal ini memicu overheat pada permukaan smartphone dan membuat smartphone kamu cepat rusak.

Baca Juga : Hp 3 Jutaan , udah bisa main game berat dan cocok untuk foto

Agar umur baterai hp kamu lebih panjang, sebaiknya kamu lakukan isi ulang baterai saat baterai tinggal 30% dan cabut baterai sekitar 80 – 99 % untuk mengurangi overheat pada baterai dan menjada siklus baterai smartphone.

Aktifkan Battery Saver

Jika android kalian sudah versi 5.0 atau Lolipop pasti sudah di bekali dengan adanya fitur battery Saver. Dengan kalian mengaktifkan fitur ini dalam keadaan lowbat, maka sistem akan otomatis mengurangi performa CPU-nya.

Jauhkan Aplikasi Yang Banyak Iklan

Banyak sekali aplikasi” saat ini yang banyak iklannya, apalagi permainan online, itu sangat banyak skali selain mengurangi kuota hal ini juga dapat mengurangi baterai kalian yang akan membuat baterai kalian menjadi boros.

Bijak Dalam Menggunakan Lokasi (Maps)

Fitur lokasi yang ada di smartphone yang aktif terus menerus berpotensi mempercepat baterai habis, yang akhirnya kamu akan lebih sering mengisi ulang baterai kamu. Dampaknya, jika dalam waktu pemakaian kurang dari sebualn, baterai akan cepat sekali drain. Untuk mencegahnya kalian bisa non aktifkan jika di rumah dan kalian bisa aktifkan jika berpergian atau akses Facebook Ig dll.

Atur Layar Smartphone (Time Sleep)

Terkadang di antara kita ada yang smartphonenya mati setelah 1 jam, itu cukup lama sekali danjuga kecerahan layarnya full dan akan terang sekali. Untuk hemat baterai kalian bisa turunkan kecerahan layar dan kalian atur Time Sleep ke waktu yang tidak lama, misal 1 menit lalu mati.

Demikianlah beberapa cara agar baterai hp awet, semoga dengan kalian membaca artikel ini, kalian bisa lebih bijak lagi menggunakan smartphone dan baterai kalian bisa lebih awet lagi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here