Beranda Serba Serbi 8 Cara Mengatasi Sariawan Di Lidah Secara Alami

8 Cara Mengatasi Sariawan Di Lidah Secara Alami

140
0
cara mengobati sariawan
Advertisement

Sariawan adalah luka yang muncul di sekitaran bibir atau pada gusi, sariawan dapat memberikan rasa sakit yang sangat menggangu dan membuat rasa tidak nyaman saat makan. Mungkin di antara kalian pernah merasakan dan saya yakin itu sangat mengganggu dan saya akan mencoba membantu kalian dengan menuliskan artikel tentang Cara mengobati sariawan.

Sariawan di sebabkan oleh banyak hal diantaranya aphthous stomatitis (canker sores), diabetes, infeksi HIV, stres, kanker, efek samping obat-obatan tertentu, kebiasaan merokok, efek samping kemoterapi, luka di lidah dan perubahan hormon itu adalah beberapa penyebab sariawan.

8 Cara Mengatasi Sariawan Secara Alami

Menggunakan madu

Madu merupakan obat yang sangat ampuh bagi berbagai penyakit, bahkan madu di tuliskan dalam Al Quran, ini membuktikan madu adalah obat yang sangat ampuh untuk berbagai penyakit, penyakit lain saja dapat di atasi apa lagi sariawan. Mengatasi sariawan dengan mudah menggunakan madu sangat mudah cukup dengan mengoleskan madu di bagian bibir yang terkena sariawan.

Advertisement

Menggunaka Air Garam

Cara mengobati sariawan menggunakan air garam sangatlah mudah, cukup dengan berkumur – kumur menggunakan air garam selama 2 menit, garam juga berfungsi untuk mempercepat penyembuhan. Garam memiliki antiradang dan anti bakteri yang mencegah sariawan untuk berkembang.

Menggunakan Kelapa

Kelapa di percaya dapat menyejukan suhu tubuh, selain itu kelapa juga mencegah peradangan luka yang parah kelapa juga dapat mengurangi rasa sakit sariawan. Cara menggunakan kelapa untuk mengobati sariawan sangatlah mudah, cukup campurkan madu dengan susu kelapa dan oleskan pada bibir atau gusi yang terkena sariawan.

Menggunakan kantong teh bekas

Kantong teh bekas dapat menetralisirkan bagian mulut supaya tidak memperburuk rasa sakit pada luka sariawan, teh dapat mengatasi peradangan guzi. Menurut American Academy of Periodontology daun teh dapat menjaga kesehatan. Cara mengobati sariawan dengan kantong teh cuku mudah dengan mengompreskan kantong teh pada bagian yang terkena sariawan.

Menggunakan lidah buaya

Dengan mengoleskan getah lidah buaya yang sudah di cuci sampai bersih pada bagian yang terkena sariawan dapat membantu proses penyembuhan luka sariawan biarkan beberpa menit dan lakukan itu hingga beberapa hari untuk mendapatkan hasil yang maksimal, lidah buaya berfungsi sebagai antiperdangan dan membantu mengurangi rasa nyeri yang di sebabkan sariawan.

Menggunakan Es Batu

Sariawan dalam waktu yang lama akan membengkak dan tersa sakit, nah untuk mengurangi pembengkakan dan rasa nyeri pada sariawan cukup mudah dengan membungkus es batu dengan kain lalu kompres pada bagian mulut yang terkena sariawan atau anda bisa menglum es batu dan menaruh pada bagian sariawan.

Menggunakan obat kumur

Peneliti asal University of Pennsylvania mengaku jika belum ada obat kumur yang dapat menyembuhkan sariawan akan tetapi ketika anda hendak memilih obat kumur sebaiknya anda memilih obat kumur yang mengandung Zat antiseptik/antibiotik, Zat antihistamin atau anestesi lokal, Zat antijamur dan Zat kortikosteroid.

Menggunakan Obat kortikosteroid

Jika beberapa obat alami untuk sariawan diatas belum cukup membantu maka anda bisa membeli Obat kortikosteroid di apotik terdekat, Obat kortikosteroid mampu mengatasi peradangan dan mengurangi rasa nyeri. Obat kortikosteroid biasanya tersedia dalam bentuk salep, obat kumur maupun obat minum.

Jika sariawan belum sembuh hingga berbulan – bulan saya sarankan untuk memerikasakan kedokter untuk mendpat perawatan selanjutnya, agar tidak tamabh parah. Nah itulah 8 obat sariawan secara alami, semoga bermanfaat untuk kita semua, sekian dan terima kasih.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here