Beranda Tips Wordpress Cara Membuat Contact Form Di WordPress Dengan Benar

Cara Membuat Contact Form Di WordPress Dengan Benar

135
0
Advertisement

Jika kalian seorang Blogger, pasti kalian sudah tidak asing lagi dengan contact form, Mungkin ada yang menggunakannya ada juga yang tidak menggunakan contact form ini. Tapi alngkah lebih baiknya jika kalian menggunakan contact us di blogger. Tapi buat kalian yang menggunakan wordpress, kalian bisa baca artikel ini tentang membuat contact form di wordpress dengan benar.

Baca Juga : Membuat Halaman Maintenance Di WordPress

Ada 2 cara untuk membuat contact us di wordpress ini, kalian bisa menggunakan plugin atau kalian juga bisa tidak menggunakan plugIn. Ada beberapa kelebihan dan kekurangan jika kalian tidak menggunakan plugin yaitu

Kelebihan Tidak Menggunakan PlugIn :

  • Meringankan beban server
  • Mengatasi penuhnya Space server
Advertisement

Kekurangan Tidak Menggunakan PlugIn :

  • Kalian harus pandai coding untuk mempercantik halaman Contact Us ini.

Nah di atas adalah beberapa kelebihan dan kekurangan jika kalian tidak menggunakan plugIn, tapi buat yang menggunakan plugin ada juga loh kelebihan dan kekurangannya di antaranya adalah :

Kelebihan Menggunakan PlugIn :

  • Simpel
  • Mudah edit dan menambahkan tampilan halaman
  • Tidak perlu coding

Kekurangan :

  • Sedikit menambah beban server
  • Menambah space server

Nah sekarang kalian sudah tau dari kelebihan dan kekurangan jika kalian menggunakan plugin atau tidak untuk membuat contact form di wordpress ini. Tapi taukah kalian kelebihan memasang contact form di wordpress ini ?

Fungsi Menggunakan Contact Form

Ada beberapa kelebihan jika kalian menggunakan contact form ini di blog kalian di antaranya adalah :

  • Mempermudah pengunjung untuk menghubungi admin
  • Mempermudah melaporkan jika ada link rusak
  • Dan masih banyak lagi  😛

Nah skarang langsung saja ke pembahasan yaitu cara memasang contact form di wordpress tanpa plugin dengan benar, kalian bisa ikuti langkah langkah di bawah ini

Cara Membuat Contact Form Di WordPress Tanpa PlugIn

Untuk membuat contact form tanpa plugin ini, tidaklah terlalu rumit, kalian hanya menambahkan beberapa script yang nantinya kalian pasang di Cpanel, langsung saja kita setting contact form ini.

Setting Contact Form Di Cpanel

Langkah pertama, kalian bisa login ke Cpanel kalian dan kalian bisa cari file yang bernama page.php file ini ada di direktori Public_Html  – wp-content – themes – theme yang di gunakan nah di dalam ini kalian bisa cari file page.php dan kalian bisa salin seluruh isi nya.

Baca Juga : Cara Membuat Live Chat Messenger Di WordPress

Langkah ke 2 kalian bisa buat file baru dengan nama contact.php dan kalian bisa paste seluruh isi dari file page.php ini, Jika sudah kalian bisa letakkan file tersebut di direktori yang sama dengan page.php 

Setelah itu, kalian bisa edit file contact.php ganti kode <?php the_content(); ?> bisanya kode nya seperti di bawah ini

Jika sudah kalian bisa ganti kode nya seperti di bawah ini

Jika sduah kalian bisa Save.

Kalian bisa tambahkan kode CSS di bawah ini agar tampilan contact form nya lebih menarik lagi. Jika template kalian sudah support fitur CSS kalian bisa tambahkan kode di bawah ini dan kalian masukan ke fitur CSS dari template kalian, tapi jika belum kalian bisa edit di file style.css di editor.

Lalu kalian save. Nah sekarang langkah trakhir yaitu membuat halaman contact form nya.

Membuat Halaman Contact Form Di WordPress

Langkah pertama, kalian bisa masuk ke Laman, jika sudah kalian bisa isi judul dengan Contact form.

Pada sebelah kanan ada menu Page Attribute kalian bisa pilih Contact Us lalu kalian bisa Publish.

membuat contact from di wordpress

Nah di atas adalah cara membuat contact form tanpa plugin, tidak terlalu rumit kan kalian tinggal copy dan replace saja kok. Tapi buat kalian yang ingin tidak ribet kalian bisa menggunakan plugIn kalian bisa ikuti tutorial cara membuat contact form dengan plugin contact form 7.

Membuat Contact Form Dengan PlugIn

Nah jika kalian menggunakan plugin, kalian tidak perlu repot” menambahkan file lalu replace scriptnya, jika dengan plugin kalian tinggal search contact form 7 di plugin. Langsung saja tanpa basa basi ya

Langkah pertama kalian bisa masuk PlugIn lalu kalian klik Tambah PlugIn jika sudah kalian search Contact Form 7 jika sudah kalian klik Instal lalu kalian klik Aktifkan

Setting PlugIn Contact Form 7

Jika sudah kalian download dan kalian aktifkan maka sekarang kita Setting terlebih dahulu plugin contact form 7 ini. Kalian bisa masuk ke Plugin lalu pilih plugin contact form 7 lalu kalian klik Setting.

Baca Juga : Pengertian Navigasi Yoast SEO

Di sini sudah ada tampilan defaultnya untuk plugin contact form 7 ini, jika kalian ingin menyesuaikan sesuai keinginan sendiri kalian bisa klik Tambah Baru dan kalian sesuaikan dengan selera kalian sendiri. Mulai dari Form, Email, Messages. Jika sudah kalian bisa klik Save 

Langkah selanjutnya kalian akan mendapatkan shortcode nya kalian bisa salin shortcode tersebut dan kalian masuk ke Laman dan buat laman baru, Lalu kalian isikan judul dengan Contact Us jika sudah pada kolom postingan kalian bisa pastekan shortcode ini. Lalu kalian publish.

Nah selesai untuk membuat contact form menggunakan plugin. Untuk membuat contact form di blogger langkahnya sangat mudah sekali kalian tinggal salin saja kode nya lalu kalian masukan kode nya di laman seperti wordpress ini.

Demikianlah artikel yang dapat saya berikan tentang cara membuat contact form di wordpress dengan benar semoga artikel ini bermanfaat buat teman” semua. Sekian Dan terima Gaji  🙂

Nilai Kualitas Konten

Terima Kasih Telah mengunjungi Blog Mas Anggading. Terus Dukung Blog Mas Anggading Dengan Cara Like Fanspage Mas Anggading. Dan Jangan lupa Berkunjung Ke Blog MasAnggading.Com untuk melihat Artikel lainnya.
Mas Anggading adalah seseorang yang suka menulis dan berbagi informasi, tips dan trick seputar Blogging. Tidak hanya berbagi informasi dan tips & trick, di Blog masanggading.com juga akan membahas tentang pendidikan, kesehatan dan juga lain sebagainya. Pringsewu Lampung Indonesia.