Beranda Tips Wordpress Cara Merubah HTTP ke HTTPS Di WordPress Gratiss !

Cara Merubah HTTP ke HTTPS Di WordPress Gratiss !

102
0
Advertisement

Cara merubah http ke https di wordpress, Siapa di antara kalian yang pernah menemukan sebuah blog yang masih menggunakan HTTP ? Tentunya masih banyak sekali, apalagi pemain blog lama pun masih ada yang menggunakan HTTP padahal google sendiri sudah menganjurkan penggunaan HTTPS dalam setiap website.

Baca Juga : Cara Membuat Table Of Content Di WordPress (TOC)

Jika kalian menggunakan blogger.com, pasti sangatlah mudah untuk mengaktifkan HTTPS karena sudah ada fiturnya, beda dengan yang menggunakan WordPress, kadang 1 hari full belum bisa aktif HTTPS nya, maka dari itu saya akan memberikan sebuah artikel tentang cara merubah http ke https di wordpress.

Cara Merubah HTTP ke HTTPS Di WordPress

Ada banyak cara jika kita ingin merubah HTTP ke HTTPS di wordpress, bisa menggunakan PlugIn, bisa edit file di Cpanel atau bisa juga Auto Run SSL. Sebenernya HTTPS itu akan aktif dengan sendirinya tapi tidak pasti kadang cepat kadang lama.

Advertisement

Seperti hal nya kmarin saat saya ingin merubah http ke https di wordpress sudah menunggu 1×24 Jam masih belum aktif juga akhirnya bisa aktif dengan cara cara yang akan saya berikan di bawah ini.

Mengaktifkan HTTPS Dengan PlugIn WordPress

Jika kalian ingin simpel dalam pengaktifkan HTTPS, kalian bisa menggunakan PlugIn yaitu : Really Simple SSL dengan plugin ini kita bisa merubah HTTP ke HTTPS dengan mudah.

Untuk caranya kalian bisa ikuti langkah di bawah ini :

Kalian bisa download terlebih dahulu PlugIn Really Simple SSL dengan cara masuk menu PlugIn lalu Tambah Baru.

Jika sudah di kolom pencarian kalian bisa cari Really Simple SSL 

Jika sudah ketemu, kalian bisa download dan Atifkan.

Jika sudah kalian bisa klik Yuk Aktifkan HTTPS 

merubah http ke https di wordpress

Jika dalam bahasa inggris, letaknya sama saja.

Dan kalian akan logout lalu kalian bisa masuk kembali. Jika hal ini masih belum aktif, Maka kita pakai langkah selanjutnya dengan cara manual.

Mengaktifkan HTTPS Dengan Cara Manual

Langkah pertama kalian bisa masuk ke Pengaturan lalu klik General / Umum 

Lalu pada alamat situs kalian bisa isikan nama website kalian jangan lupa untuk menggunakan HTTPS

merubah http ke https di wordpress

Jika sudah kalian bisa Simpan. Jika hal ini masih belum aktif, kalian harus meredirect nya ke HTTPS, ini bisa kita lakukan dengan sedkit mengedit file .htaccess di Cpanel.

Kalian bisa masuk ke akun Cpanel kalian lalu kalian klik File Manager, jika sudah kalian bisa cari file .htaccess lalu kalian klik kanan lalu pilih Edit

merubah http ke https di wordpress

Jika sudah kalian klik Edit, maka langkah selanjutnya kalian bisa Copy Script di bawah ini dan kalian letakan di bawah # END WordPress

Pada alamat masanggading.com kalian bisa ganti dengan alamat kalian web kalian sendiri, jangan lupa menggunakan HTTPS

merubah http ke https di wordpress

Jika sudah, kalian bisa Save Setting. Dan kalian bisa tunggu beberapa saat. Jika hal ini masih belum aktif juga, kalian bisa gunakan Auto Run SSL di Cpanel.

Mengaktifkan HTTPS Dengan Auto Run SSL

Mungkin ada yang belum tau dengan menggunakan Auto Run SSL ini, Auto Run SSL ini bisa kalian dapatkan di Cpanel di Menu Scurity lalu SSL/TLS Status.

Caranya kalian bisa masuk lagi ke Cpanel kalian, lalu kalian scrol sampai menemukan menu Scurity lalu kalian klik bagian SSL/TLS Status

merubah http ke https di wordpress

Jika sudah kalian klik SSL/TLS status, kalian ceklist bagian mana saja yang masih merah lalu kalian klik Run Auto SSL 

merubah http ke https di wordpress

Nah sampai sini proses nya akan berjalan untuk pengaktifan HTTPS nya.

Selesai. Semoga Membantu 😀

Jika masih belum bisa itu Derita Loe 😀 . Jika masih belum bisa kalian bisa Hubungi Pihak Penyedia Hosting dimana kalian beli.

Nilai Kualitas Konten

Terima Kasih Telah mengunjungi Blog Mas Anggading. Terus Dukung Blog Mas Anggading Dengan Cara Like Fanspage Mas Anggading. Dan Jangan lupa Berkunjung Ke Blog MasAnggading.Com untuk melihat Artikel lainnya.