Beranda Serba Serbi Pengertian Data, Informasi, dan Teknologi Informasi

Pengertian Data, Informasi, dan Teknologi Informasi

108
0
Advertisement

Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang apa itu Data, Informasi, dan juga Teknoologi Informasi. mungkin kita sudah sering mendengar kata – kata itu kan ? namun apakah kalian tahu pengertian dari semua kata itu dan apa saja fungsi dari semua kata itu.? Mari kita simak ulasan di bawah ini

Pengertian Data, Informasi, dan Teknologi Informasi

Pada era globlisasi saat ini perkembangan teknologi dan informasi sangatlah berkembang pesat, dengan perkembangan ini masyarakat belum tahu apa itu Data, Informasi dan Teknologi informasi, padahal mereka hampir setiap detik menggunakannya, pada postingan kali ini saya akan membantu masyarakat untuk mengetahui apa itu data, informasi dan teknologi informasi.

Pengertian Data

Data merupakan sebuah fakta yang terdiri dari angka, huruf, gambar tanda-tanda, isyarat, tulisan, suara, bunyi yang merepresentasikan keadaan sebenarnya yang selanjutnya digunakan sebagai masukan suatu Sistem Informasi. Tapi menurut pengertian lain Data merupakan catatan atau kumpulan fakta yan dalam bahasa latin berarti ” sesuatu yang diberikan” dan dalam kehidupan sehari-hari berarti suatu pernyataan yang diterima secara apa adanya.

Advertisement

Dalam keilmuan (ilmiah) fakta dikumpulkan untuk dijadikan sebuah data, dan data akan diolah terus sehingga data menghasilkan diskripsi dan Pemilahan banyak data sesuai dengan persamaan atau perbedaan yang dikandungnya dinamakan Klasifikasi.

Pengertian Informasi

Informasi merupaka sebuah data hasil pengolahan sistem informasi yang berguna bagi penggunannya.namun menurut pengertian lain Informasi merupakan fakta tersirat yang muncul dalam benak teknisi itu sesudah mencermati dan mengolahnya dengan tertib, berdasarkan model yang diyakini sebagai hal yang benar ada dalam keseluruhan persoalan tersebut.

Pengertian Teknologi Informasi

Teknologi Informasi merupakan suatu teknik atau cara elektronik untuk mengumpulkan menyiapkan, menyimpan ,memproses, mengumumkan, menganalisa, dan menyebarkan informasi. dan menurut pengertian lain teknologi Informasi merupakan suatu sarana/piranti yang digunakan dalam pengolahan laporan dengan mendayagunakan keahlian (brainware), piranti lunak (software), piranti keras (hardware) yang dioperasikan dengan prosedur tertentu.

Seorang ilmuan bernama Williams dan Sawyer (2003) menuturkan Teknologi informasi merupakan teknologi yang menghubungkan komputer dengan jalur komunikasi yang membawa sebuah data, suara maupun yang lain.

Jadi kesimpulannya Data, Informasi dan Teknologi Informasi merupakan suatu komponen yang saling berhubungan satu sama lain karena data dibutuhkan oleh informasi tanpa ada data tidak akan ada informasi dan juga Teknologi Informasi juga membutuhkan data dan informasi, dan juga sebaliknya data juga membutuhkan informasi dan Teknologi informasi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here