Beranda Serba Serbi Prinsip dan Teknik Membaca Puisi Yang Benar

Prinsip dan Teknik Membaca Puisi Yang Benar

141
0
Advertisement

Pada kesempatan kali ini admin akan membahas tentang Prinsip dan Teknik Membaca Puisi Yang Benar. Pernahkah kalian membaca puisi di atas pentas ? atau di depan kelas ? Nah jika belum pernah dan belum percaya diri berikut admin berikan prinsip dan teknik membaca puisi yang baik dan benar. Ok langsung saja kita bahas. Simak baik-baik ya…

Prinsip Membaca Puisi

  1. Volume suara adalah derajat keras atau lemahnya suara pada saat kalian membaca puisi yang dimaksud.
  2. Artikulasi suara adalah pengucapan kata demi kata dengan benar serta dengan suara yang jelas dan pilah.
  3. Intonasi adalah lagu membaca yang meliputi penggalan kata dan tinggi atau rendahnya suara pada saat kalian membaca larik demi larik sajak.
  4. Gerak tubuh meliputi gerak seluruh anggota tubuh: kaki, tangan, badan, dan kepala sesuai dengan isi sajak yang dibaca.
  5. Mimik adalah ekspresi atau perubahan wajah sesuai dengan karakteristik dan suasana (misalnya, sedih, semangat, atau gembira) yang digambarkan pada sajak yang dibaca.
  6. Pandangan mata adalah arah mata memandang, yang seharusnya ditujukan ke segala penjuru tempat penonton berada

Teknik Membaca Puisi

  1. Yakinlah bahwa kalian telah mengenakan pakaian dengan rapi atau mengenakan pakaian sesuai dengan isi sajak yang akan kalian baca.
  2. Berdirilah dengan tegak dan tenang di atas pentas sebelum kalian memulai membaca.
  3. Kuasailah pentas dan penonton dengan mengarahkan pandangan ke segala penjuru sambil memberikan penghormatan kepada mereka dengan cara menganggukkan kepala.
  4. Hayatilah sajak yang kalian baca dengan memahami isi dan pesannya.
  5. Bacalah sajak tersebut dengan artikulasi suara yang jelas, dengan volume suara yang dapat menjangkau semua penonton, dan dengan intonasi yang bagus.
  6. Aturlah napas dengan baik dengan menyesuaikan penggalan kata, larik, dan bait sajak tersebut.
  7. Pusatkan perhatian pada sajak yang dibaca dengan mengendalikan diri tanpa terpengaruh oleh penonton.

Nah.. Bagaimana sudah paham kan.. ?? Jika belum paham bisa kalian diskusikan di kolom komentar ya.. Cukup disini dulu ya pembahasan yang dapat admin berikan kepada kalian tentang Prinsip dan Teknik Membaca Puisi Yang Benar . Jangan lupa share ke teman-teman kalian ya… Semoga bermanfaat..

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here