Beranda Serba Serbi Beberapa Manfaat Yang Terkandung Dari Daun Bidara

Beberapa Manfaat Yang Terkandung Dari Daun Bidara

141
0
manfaat daun bidara
Advertisement

Manfaat Daun Bidara – Mungkin banyak di antara kita semua yang belum mengenal tentang pohon biadara. Apa sih pohon bidara itu ?

Apa Itu Bidara ?

Bidara adalah sejenis pohon yang dapat menghasilkan buah yang biasanya tumbuh ditempat kering. Bidara adalah sebutan bagi tanaman ini dalam bahasa Indonesia. Selain buahnya dapat dikonsumsi, daun bidara ternyata memiliki banyak sekali manfaat.

Kandungan dan manfaat yang terdapat dari daun bidara ini sangat banyak. Di antaranya adalah :

Advertisement

Manfaat Daun Bidara

Ada beberapa manfaat yang terkandung dari daun bahkan buah bidara ini yaitu :

Memandikan Jenazah

Sebagai umat islam, semua kegiatan dan gerak-gerik kita sehari-hari sudah diatur secara lengkap oleh Allah dan Nabi Muhammad  Shallallahu Alaihi Wassalam. Mulai dari bangun tidur sampai tidur lagi. Bahkan untuk urusan jenazah pun sudah dijelaskan tata caranya.

Di dalam hadits yang sudah disebutkan diatas disebutkan bahwa ketika kalian memandikan jenazah dianjurkan untuk menggunakan air yang dicampur dengan daun bidara. Di dalam daun bidara ada semacam kandungan alami untuk membersihkan kotoran.

Ketika daun bidara kita remas dan dicampur air maka dapat menghasilkan busa yang bisa digunakan untuk memandikan jenazah.

Mengobati Gangguan Jin Dan Sihir

Mungkin manfaat daun bidara untuk ruqyah adalah salah satu yang paling populer. Pada prakteknya daun bidara digunakan untuk ruqyah syar’iyyah dalam menangani masalah-masalah yang ditimbulkan oleh jin dan sihir-sihir yang dikirimkan oleh para ahli sihir dan dukun.

Salah satu tabi’in yang ahli di dalam ilmu kedokteran yaitu Wahb bin Munabih menyarankan untuk menggunakan tujuh lembar daun bidara yang ditumbuk hingga halus. Kemudian daun bidara yang sudah halus tadi di larutkan dalam air dan dibacakan ayat kursi, Al Kafirun, dan tiga qul, yaitu surat Al Ikhlas, Al Falaq, dan An Nas (Mushannaf Ma’mar bin Rasyid 11/13).

Setelah dibacakan ayat-ayat tadi, air daun bidara tadi diminum dan air sisanya digunakan untuk mandi. Insyaallah penyakit-penyakit yang berasal dari gangguan jin dan sihir akan hilang.

Gangguan Akut

Apabila ada orang yang terkena ujian gangguan jin dan sihir yang sudah akut atau parah, hendaknya ia mengharap pahala atas musibah yang dialami seraya tetap terus berikhtiar dalam pengobatan.

Berikut ini adalah metode yang dijelaskan oleh salah seorang ulama Arab Saudi yang bernama Dr. Said bin Ali bin Wahf Al-Qahtani Rahimahullah dalam buku beliau yang berjudul Ad-Du’a wa Yalihi Al-Ilaj bi Ar-Ruqo Hal.35.

  • Haluskan daun bidara dan campurkan ke dalam air
  • Bacakan ayat-ayat berikut di dekat air (diluar kamar mandi)
  • Membaca ta’awudz
  • Ayat kursi
  • Al-A’raf ayat 117-122
  • Yunus ayat 79-82
  • Taha ayat 65-70
  • Al Kafirun, Al Ikhlas, Al Falaq, An Nas.
  • Minum air tersebut sebanyak diatas 3 kali
  • Gunakan sisa air untuk mandi.
  • Lakukan cara ini yang beberapa kali sampai efek dan pengaruh jin atau sihir hilang.

Membersihkan Rumah Angker Dari Gangguan Jin

Masalah yang banyak terjadi di masyarakat adalah rumah angker atau rumah yang didalamnya banyak kejadia-kejadian aneh hasil dari perbuatan atau gangguan jin. Cara yang paling efektif adalah membacakan surat Al Baqarah secara utuh satu surat.

Hal ini berdasarkan hadist Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam, dari Abu Hurairah radhiallahu ‘anhu.

لا تجعلوا بيوتكم مقابر، إن الشيطان ينفر من البيت الذي تقرأ فيه سورة البقرة

“Jangan kalian jadikan rumah kalian seperti kuburan. Sesungguhnya setan lari dari rumah yang dibacakan surat Al-Baqarah di dalamnya.” (HR. Muslim 780, At-Tirmidzi 2877)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here