Beranda Tips Blogging Cara Mengalihkan Domain Lama Ke Domain Baru (Redirect 301)

Cara Mengalihkan Domain Lama Ke Domain Baru (Redirect 301)

183
0
mengalihkan domain lama ke domain baru
Advertisement

Mengalihkan Domain Lama Ke Domain Baru – Pernahkah kalian jika mengakses sebuah situs tapi di arahkan ke domain baru ? Jika kalian pernah mendapatkannya itu yang di namakan redirect 301 yaitu mengalihkan domain lama ke domain baru.

Tujuanya untuk apa ? Ada beberapa alasan mengapa seorang blogger menggunakan teknik redirct 301 (mengalihkan domain lama ke domain baru) ini. Sebelum kita mengetahui manfaat redirct 301 alangkah baiknya kita cari tau dulu lebih jelas apa itu Redirect 301

Apa sih Redirect 301 ?

redirect 301 atau bisa disebut permanen redirect yang tujuannya digunakan untuk memberitahu bots mesin pencari bahwa halaman yang ada telah dipindahkan ke lokasi (halaman url) baru, sehingga semua tautan permalink lama akan merubah permalink baru, dan meminimalisir kerugian peringkat pada SERP (Search Engine Result Pages).

Advertisement

Cara Redirect Domain Lama Ke Domain Baru

Ada beberapa yang perlu kalian persiapkan untuk mengalihkan domain lama ke domain baru, yaitu :

Kalian bisa masuk ke akun blogger kalian, jika sudah kalian bisa Backup content kalian lalu kalian import content yang sudah kalian backup tadi di domain yang baru.

redirect 301
Pilih BackUp Content

Jika sudah kalian backup dan kalian import ke domain baru, langkah selanjutnya kamu bisa kembali ke domain lama lalu kalian setting ke template lalu pilih Edit HTML jika sudah kamu bisa masukan kode di bawah ini di bawah kode <head>

Pada tulisan https://domainbaru.com kamu ganti dengan nama blog baru kalian. Jika sudah kamu bisa Save Template

Jika sudah kalian bisa test sendiri apakah sudah berhasil atau belum..

Biasanya trick redirect 301 atau mengalihkan domain lama ke domain baru ini banyak di pakai dengan blogger yang mempunyai Blog Zombie / Aged Domain untuk mendatangkan visitor.

Alasan Menggunakan Redirect 301 

  • Agar pengunjung tetap kita yang mungkin menyimpan alamat permalink tertentu tidak akan kehilangan apa yang mereka cari sewaktu mengunjungi kembali.
  • Memiliki beberapa blog yang mana konten nya ingin digabungkan dalam satu domain.
  • Agar URL blog kita tetap terindex di mesin pencari Google, Yahoo, Bing dan sebagainya.

Nah di atas sudah di jelaskan tentang apa itu redirect 301, cara mengalihkan domain lama ke domain baru, dan juga alasan menggunakan redirect 301 ini. Semoga trick ini berhasil dan kalian tidak kehilangan pengunjung walau menggunakan domain baru.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here