Beranda Serba Serbi Tata Cara Sholat Istikharah, Niat, Dan Waktu Pelaksanaan

Tata Cara Sholat Istikharah, Niat, Dan Waktu Pelaksanaan

143
0
tata cara sholat istikharah
Advertisement

Tata Cara Sholat Istikharah – Mungkin belum banyak yang tau tentang apa itu sholat istikharah, memang banyak di antara kita yang belum mengetahui sholat sunnah ini, buat kamu yang belum tau tentang sholat istikharah ini yuk kita bahas tentang tata cara sholat istikharah, niat, dan waktu pelaksanaanya sholat istikharah ini.

Apa Itu Sholat Istikharoh ?

Shalat istikharah adalah salah satu sholat sunnah yang harus kita ketahui. Yang mana sholat ini dilaksanakan jika kita tengah menghadapi suatu pilihan. shalat istikharah adalah salah satu upaya agar kita mampu memilih suatu pilihan dengan benar dan sesuatu yang terbaik di sisi Allah SWT.

Manfaat Dan Keutamaan Sholat Istikharah

Menyerahkan Hasil Pada Allah

Sekali kali tdk akan menimpa kami melainkan apa yg telah ditetapkan oleh Allah bagi kami. Dialah pelindung kami, dan hanya kepada Allah-lah orang-orang yg beriman harus bertawakal” (QS At Taubah: 51)

Advertisement

Dengan shalat istikharah kita akan benar-benar berharap dan menyerahkan hasil yang terbaik kepada Allah. Untuk itu, istikharah adalah mengharapkan hasil yang benar-benar sesuai dengan keridhoan Allah.

Terkadang tanpa shalat dan menghadap Allah manusia memaksakan diri untuk mendapatkan hasil yang sesuai dengan keinginan dirinya. Padahal sesuatu yang kita inginkan belum tentu yang terbaik.

Menenangkan Diri

Shalat istikharah juga bisa menenangkan diri kita. Saat terjadi masalah dan harus melakukan pilihan, biasanya kita terlalu tergesa-gesa. Tergesa-gesa tentu saja tidak baik dan dapat membuat kita salah dalam memilih.

Justru yang dibutuhkan saat memilih adalah bagaimana kita mendapatkan hasil yang terbaik dan berpikir di saat pikiran jernih.

Pikiran yang tidak tenang tentu akan berdampak kepada hasil yang juga salah. Pilihan yang benar dan baik tentu dihasilkan dari ketenangan diri dan kejernihan kita dalam berpikir. Saat tidak tenang biasanya kita panik dan terlalu tergesa-gesa.

Padahal, jika menenngkan diri kita bisa lebih bijak melihat masalah dan benar-benar terbuka. Untuk itu shalat istikharah sangat dibutuhkan agar diri kita tenang dan lebih bijak melihat pilihan.

Memberikan Kemantapan Hati

”Aku bertanya : Apakah shalat itu wahai Rasul? Beliau menjawab : Sarana pengaduan yg paling baik”.

Shalat istikharah tidak tiba-tiba diberikan ketetapan Allah dalam pilihan. Dalam shalat istikharah juga berfungsi untuk memberikan kita kemantapan hati atas pilihan yang telah kita tetapkan. Untuk itu, shalat istikharah tidak hanya dilakukan dalam sekali waktu. Shalat istikharah bisa dilakukan dalam berkali-kali waktu.

Untuk itu dengan melakukan istikhawah berkali-kali, hal ini bisa memberikan kemantapan hati bagi kita yang masih gundah gulana dan menghadapi dilema pemilihan.

Untuk itu, istikharah ini bisa memberikan kita kemantapan hati jika benar-benar dilakukan secara rutin dan menyerahkan segala persoalan kepada Allah.

Menjauhi Bisikan Syetan

Dengan shalat istikharah kita pun berusaha untuk menghindari bisikan-bisikan syetan. Biasanya saat kita menghadapi permasalahan dan kegundahan hati, syetan sangat suka menggoda manusia dan membuat manusia melakukan hal-hal yang tidak seharusnya. Untuk itu, shalat istikharah membantu kita agar terhindari dari bisikan syetan serta menjauhi dari adanya perbuatan kemaksiatan.

Seperti yang Allah sampaikan dalam Al-Quran bahwa shalat menjauhi perbuatan keji dan munkar. Shalat menjauhi diri kita dari segala perbuatan yang buruk dan munkar, dan segala bisikan syetan yang menggoda manusia adalah salah satu pemantik agar manusia menjauhi kebenaran dan kebaikan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here