Beranda Serba Serbi Tata Cara Sholat Istikharah, Niat, Dan Waktu Pelaksanaan

Tata Cara Sholat Istikharah, Niat, Dan Waktu Pelaksanaan

109
0
tata cara sholat istikharah
Advertisement

Tata Cara Sholat Istikharah – Mungkin belum banyak yang tau tentang apa itu sholat istikharah, memang banyak di antara kita yang belum mengetahui sholat sunnah ini, buat kamu yang belum tau tentang sholat istikharah ini yuk kita bahas tentang tata cara sholat istikharah, niat, dan waktu pelaksanaanya sholat istikharah ini.

Apa Itu Sholat Istikharoh ?

Shalat istikharah adalah salah satu sholat sunnah yang harus kita ketahui. Yang mana sholat ini dilaksanakan jika kita tengah menghadapi suatu pilihan. shalat istikharah adalah salah satu upaya agar kita mampu memilih suatu pilihan dengan benar dan sesuatu yang terbaik di sisi Allah SWT.

Manfaat Dan Keutamaan Sholat Istikharah

Menyerahkan Hasil Pada Allah

Sekali kali tdk akan menimpa kami melainkan apa yg telah ditetapkan oleh Allah bagi kami. Dialah pelindung kami, dan hanya kepada Allah-lah orang-orang yg beriman harus bertawakal” (QS At Taubah: 51)

Advertisement

Dengan shalat istikharah kita akan benar-benar berharap dan menyerahkan hasil yang terbaik kepada Allah. Untuk itu, istikharah adalah mengharapkan hasil yang benar-benar sesuai dengan keridhoan Allah.

Terkadang tanpa shalat dan menghadap Allah manusia memaksakan diri untuk mendapatkan hasil yang sesuai dengan keinginan dirinya. Padahal sesuatu yang kita inginkan belum tentu yang terbaik.

Menenangkan Diri

Shalat istikharah juga bisa menenangkan diri kita. Saat terjadi masalah dan harus melakukan pilihan, biasanya kita terlalu tergesa-gesa. Tergesa-gesa tentu saja tidak baik dan dapat membuat kita salah dalam memilih.

Justru yang dibutuhkan saat memilih adalah bagaimana kita mendapatkan hasil yang terbaik dan berpikir di saat pikiran jernih.

Pikiran yang tidak tenang tentu akan berdampak kepada hasil yang juga salah. Pilihan yang benar dan baik tentu dihasilkan dari ketenangan diri dan kejernihan kita dalam berpikir. Saat tidak tenang biasanya kita panik dan terlalu tergesa-gesa.

Padahal, jika menenngkan diri kita bisa lebih bijak melihat masalah dan benar-benar terbuka. Untuk itu shalat istikharah sangat dibutuhkan agar diri kita tenang dan lebih bijak melihat pilihan.

Memberikan Kemantapan Hati

”Aku bertanya : Apakah shalat itu wahai Rasul? Beliau menjawab : Sarana pengaduan yg paling baik”.

Shalat istikharah tidak tiba-tiba diberikan ketetapan Allah dalam pilihan. Dalam shalat istikharah juga berfungsi untuk memberikan kita kemantapan hati atas pilihan yang telah kita tetapkan. Untuk itu, shalat istikharah tidak hanya dilakukan dalam sekali waktu. Shalat istikharah bisa dilakukan dalam berkali-kali waktu.

Untuk itu dengan melakukan istikhawah berkali-kali, hal ini bisa memberikan kemantapan hati bagi kita yang masih gundah gulana dan menghadapi dilema pemilihan.

Untuk itu, istikharah ini bisa memberikan kita kemantapan hati jika benar-benar dilakukan secara rutin dan menyerahkan segala persoalan kepada Allah.

Menjauhi Bisikan Syetan

Dengan shalat istikharah kita pun berusaha untuk menghindari bisikan-bisikan syetan. Biasanya saat kita menghadapi permasalahan dan kegundahan hati, syetan sangat suka menggoda manusia dan membuat manusia melakukan hal-hal yang tidak seharusnya. Untuk itu, shalat istikharah membantu kita agar terhindari dari bisikan syetan serta menjauhi dari adanya perbuatan kemaksiatan.

Seperti yang Allah sampaikan dalam Al-Quran bahwa shalat menjauhi perbuatan keji dan munkar. Shalat menjauhi diri kita dari segala perbuatan yang buruk dan munkar, dan segala bisikan syetan yang menggoda manusia adalah salah satu pemantik agar manusia menjauhi kebenaran dan kebaikan.

Shalat istikharah tentu sangat dibutuhkan jika kita ingin menjauhi segala godaan syetan yang terkutuk.

Memilih dengan Pertimbangan Agama

”Sesungguhnya urusan itu seluruhnya ditangani AllaH SWT”. (QS Ali Imran : 154)

Ayat diatas menunjukkan bahwa seluruh urusan ada di tangan Allah. Untuk itu, permohonan kita meminta kemudahan, solusi, dan kemantapan hati memilih adalah diserahkan kepada Allah SWT. Di dalam ayat ini juga berarti bahwa dari segala apa yang kita pilih dan usahakan, pertimbangan agama adalah hal yang paling mendasar.

Jangan sampai umat islam salah mempertimbanghkan pilihan-pilihan yang ada, dan meninggalkan pertimbangan dari aspek agama. Bagaimanapun fungsi agama adalah sumber petunjuk dan kebenaran yang harus menjadi rujukan utama kita di segala macam sektor atau usaha pembangunan.

Termasuk dalam masalah-masalah pilihan hidup kita. Maka Agama adalah hal yang harus menjadi pondasinya.

Ikhlas dan Lurus Hanya pada Allah

Dan bertakwalah kepada (Allah) Yang Maha Perkasa lagi Maha Penyanyang, Yg melihat kamu ketika kami berdiri (utk sembahyang), dan (melihat pula) perubahan gerakan badanmu diantara orang-orang yg sujud”. (QS Asy Syuara: 217-219)

Dengan melakukan shalat istikhawah maka kita juga telah berusaha untuk ikhlas dan meluruskan segala niat atau pilihan hati kita kepada Allah. Shalat istikharah membantu kita agar kita memiliki keikhlasan hati serta kelurusan proses agar hidup kita benar-benar dalam jalan yang dirihdoi Allah.

Nah di atas adalah beberapa manfaat dan keutamaan sholat istikharah. Jadi jika kalian ada dalam kebimbangan atau kebingungan terutama soal JODOH, kamu bisa melakukan sholat istikharah ini untuk mendapatkan petunjuk dari Allah Subhanahu Wata’ala.

Adapun untuk pelaksanaan sholat istikharah ini adalah sebagai berikut :

Waktu Pelaksanaan Sholat Istikharah

Pada dasarnya salat istikharah dapat dilaksanakan kapan saja namun dianjurkan pada waktu sepertiga malam terakhir. Nabi Muhammad menjelaskan jika umatnya memiliki keinginan atau memilih keputusan yang terbaik maka disunnahkan untuk melakukan salat ini.

Hadits dari Jabir bin Abdullah, “Rasulallah terbiasa mengajarkan sahabatnya untuk melakukan sholat istikharoh dalam segala hal, sama seperti yang dia gunakan untuk mengajarkan mereka surah dari Al-Qur’an. Dia berkata: ‘Jika salah satu dari kalian bimbang akan suatu keputusan yang akan diambil, (atau dalam versi yang diriwayatkan oleh Ibnu Mas’ud sebagai: ‘Jika di antara kalian ingin melakukan sesuatu…’) maka sholat sunnahlah dua rakaat dan berdoa (setelah selesai sholat).'” (Sahih Bukhari, Buku 19, Bab 25, Hadits No. 1162)

Doa Sholat Istikharah Bahasa Arab

Doa Sholat Istikharah Bahasa Latin

Alloohumma innii astakhiiruka bi’ilmika wa astaqdiruka biqudrotik, wa as-aluka min fadhlikal adhiim, fa innaka taqdiru wa laa aqdiru wa ta’lamu wa laa a’lamu wa anta ‘alaamul ghuyuub.

Alloohumma in kunta ta’lamu anna haadzal amro khoirun lii fii diinii wa ma’aasyii wa ‘aaqibati amrii faqdurhu lii wayassirhu lii tsumma baariklii fiih.

Wa in kunta ta’lamu anna haadzal amro syarrun lii fii diinii wa ma’aasyii wa ‘aaqibati amrii fashrifhu ‘annii washrifnii ‘anhu waqdur lil khoiro haitsu kaana tsumma ardlinii.

Arti Doa Sholat Istikharah

Ya Allah, sesungguhnya aku memohon pilihan kepada-Mu dengan ilmu-Mu, aku memohon kekuasaan-Mu (untuk menyelesaikan urusanku) dengan kodrat-Mu, dan aku memohon kepada-Mu sebagian karunia-Mu yang agung, karena sesungguhnya Engkau Mahakuasa sedangkan aku tidak berkuasa, Engkau Mahatahu sedangkan aku tidak tahu, dan Engkau Maha Mengetahui perkara yang gaib.

Ya Allah, jika Engkau mengetahui bahwa urusan ini untukku, dalam agamaku, kehidupanku, dan akibatnya bagiku, maka takdirkanlah dan mudahkanlah urusan ini bagiku, kemudian berkahilah aku dalam urusan ini.

Dan jika Engkau mengetahui bahwa urusan ini buruk untuk diriku, dalam agamaku, kehidupanku, dan akibatnya bagiku, maka jauhkanlah urusan ini dariku, dan jauhkanlah aku dari urusan ini, dan takdirkanlah kebaikan untukku di mana pun, kemudian jadikanlah aku ridha menerimanya.

Tata Cara Sholat Istikharah

Sayyid Sabiq dalam Fiqih Sunnah menjelaskan, shalat istikharah boleh berupa shalat sunnah apa saja. Baik shalat sunnah rawatib, shalat sunnah tahiyatul masjid, maupun shalat sunnah lainnya.

Yang terpenting, setelah shalat sunnah dua rakaat, ia berdoa kepada Allah meminta dipilihkan yang terbaik sebagai doa yang diajarkan Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam.

Hal ini sebagaimana hadits dalam Shahih Bukhari :

عَنْجَابِرِبْنِعَبْدِاللَّهِرضىاللهعنهماقَالَكَانَرَسُولُاللَّهِصلىاللهعليهوسلميُعَلِّمُنَاالاِسْتِخَارَةَفِىالأُمُورِكَمَايُعَلِّمُنَاالسُّورَةَمِنَالْقُرْآنِيَقُولُإِذَاهَمَّأَحَدُكُمْبِالأَمْرِفَلْيَرْكَعْرَكْعَتَيْنِمِنْغَيْرِالْفَرِيضَةِثُمَّلِيَقُلِاللَّهُمَّإِنِّىأَسْتَخِيرُكَبِعِلْمِكَ

Dari Jabir bin Abdullah radhiyallahu ‘anhuma, ia berkata, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam mengajarkan kami cara mengerjakan shalat istikharah dalam segala urusan, sebagaimana beliau mengajarkan kami Surat Al Qur’an. Beliau bersabda: “Jika salah seorang di antara kalian hendak melakukan sesuatu, hendaklah terlebih dahulu mengerjakan shalat dua rakaat selain shalat fardlu, lalu berdoa: Ya Allah, sesungguhnya aku memohon pilihan kepada-Mu dengan ilmu-Mu ”

Menurut Sayyid Sabiq, tidak ada bacaan surat khusus dalam shalat ini. Setelah membaca surat Al Fatihah, boleh membaca surat apa pun.

Namun menurut Syaikh Wahbah az Zuhaili dalam Fiqih Islam wa Adillatuhu, disunnahkan membaca surat Al Kafirun setelah membaca surat Al Fatihah pada rakaat pertama dan disunnahkan membaca surat Al Ikhlas setelah membaca surat Al Fatihah pada rakaat kedua.

Berikut tata cara sholat istikharah praktis :

  1. Niat
  2. Takbiratul ihram, kemudian diikuti dengan doa iftitah
  3. Membaca surat Al Fatihah
  4. Membaca surat dalam Al Qur’an, diutamakan Surat Al Kafirun
  5. Ruku’ dengan tuma’ninah karena Allah
  6. I’tidal dengan tuma’ninah karena Allah
  7. Sujud dengan tuma’ninah karena Allah
  8. Duduk di antara dua sujud dengan tuma’ninah
  9. Sujud kedua dengan tuma’ninah
  10. Berdiri lagi untuk menunaikan rakaat kedua
  11. Membaca surat Al Fatihah
  12. Membaca surat dari Al Qur’an, diutamakan Surat Al Ikhlas
  13. Ruku’ dengan tuma’ninah
  14. I’tidal dengan tuma’ninah
  15. Sujud dengan tuma’ninah
  16. Duduk di antara dua sujud dengan tuma’ninah
  17. Sujud kedua dengan tuma’ninah
  18. Tahiyat akhir dengan tuma’ninah
  19. Salam

Nah di atas adalah tata cara sholat istikharah dengan praktis, jadi kalian tidak perlu susah” untuk melaksanakan sholat istikharah ini. Untuk hukum melaksanakan sholat istikharah ada penjelasan di bawah ini :

Hukum Sholat Istikharah

Para ulama berpendapat bahwa shalat istikharah hukumnya adalah sunnah pada saat seorang muslim atau muslimah dihadapkan pada dilema atau kesulitan yang memerlukan keputusan untuk memilih. Baik itu kesulitan dalam memilih jodoh, tempat tinggal, teman, pekerjaan dan sebagainnya.

Karena hukumnya sunnah maka jika seorang hamba mengerjakannya akan mendapat pahala tetapi jika tidak mengerjakannya juga tidak mendapatkan dosa.

Akan tetapi alangkah baiknya jika sedang dalam pilihan yang sulit dapat mengerjakan sholat yang mempunyai tujuan mendapat petunjuk dari Allah atas segala kesulitan dan kebimbangan yang mengganjal hati dan pikiran seingga dapat memperoleh titik temu.

Demikianlah tentang tata cara sholat istikharah, niat sholat istikharah, manfaat dan keutamaan sholat istikharah dan juga hukum sholat istikharah, semoga teman” tidak bingung dan sudah paham tentang sholat istikharah ini.

Nilai Kualitas Konten

Terima Kasih Telah mengunjungi Blog Mas Anggading. Terus Dukung Blog Mas Anggading Dengan Cara Like Fanspage Mas Anggading. Dan Jangan lupa Berkunjung Ke Blog MasAnggading.Com untuk melihat Artikel lainnya.
Mas Anggading adalah seseorang yang suka menulis dan berbagi informasi, tips dan trick seputar Blogging. Tidak hanya berbagi informasi dan tips & trick, di Blog masanggading.com juga akan membahas tentang pendidikan, kesehatan dan juga lain sebagainya. Pringsewu Lampung Indonesia.