Beranda Serba Serbi Cara Mandi Junub Yang Benar Sesuai Syariat Islam

Cara Mandi Junub Yang Benar Sesuai Syariat Islam

89
0
cara mandi wajib
Advertisement

Mandi artinya meratakan seluruh air di tubuh kita agar bersih dari kotoran. Tapi taukah kalian di dalam Islam ada yang namanya Mandi Junub atau mandi Wajiib? Mandi Junub adalah mandi atau menuangkan air ke seluruh badan dengan tata cara tertentu untuk menghilangkan hadats besar. Hal itu adalah pengertian dalam syariat Islam.

6 Perkara Untuk Kita Mandi Junub

Ada beberapa perkara yang membuat kita di wajibkan mandi junub, di antaranya adalah :

1) Keluarnya MANI di sertai Syahwat baik dalam keadaan tertidur atau terjaga. 

Advertisement

Ada pun jika ia keluar karena sakit atau cuaca dingin, maka tidak wajib mandi. Hal ini pernah terjadi di zaman sahabat. Seseorang bertanya kepada sejumlah sahabat, ia mengadukan bahwa dirinya kadang keluar air memancar saat buang air kecil. Thawus, Saad bin Jubair dan Ikrimah menanyakan apakah air yang memancar itu adalah air yang menjadi asal kejadian anak. Begitu dijawab iya, mereka menyuruh laki-laki itu untuk mandi wajib. Namun begitu didengar Ibnu Abbas, ia meralat fatwa mereka karena keluarnya air tersebut tidak disertai syahwat dan tidak membuat lesu.

“Itu hanya karena pengaruh cuaca dingin, Anda cukup berwudhu saja,” demikian fatwa Ibnu Abbas.

2) Hubungan Suami Istri

Nah untuk yang sudah bersuami dan berIstri keduanya WAJIB mandi baik “keluar” maupun tidak.

3) Saat HAID

Jika untuk wanita yang haid nya sudah berhenti, di wajibkan bagi mereka untuk mandi wajib dengan tujuan untuk mensucikan diri dari hadast besar.

4) Saat NIFAS

Begitupun sama dengan HAID jika masa nifas sudah selesai, maka di wajibkan bagi kaum wanita untuk mandi wajib agar bisa mensucikan diri dari hadast besar.

5) Saat sudah meninggal

Untuk seorang Muslim yang sudah meninggal, ia wajib di mandikan.

6) Orang kafir yang baru masuk Islam (Mualaf)

Untuk seorang mualaf, ia wajib di mandi sebagaimana hadist dari Abu Hurairah, bahwa Rasulullah memerintahkan Tsumammah yang baru masuk Islam untuk mandi.

Nah di atas adalah beberapa perkara yang bisa membuat kita untuk mandi junub atau mandi wajib. Nah lalu bagaimana cara mandi junub yang baik dan benar ? Yuk kita simak ulasan di bawah ini :

Tata Cara Mandi Junub Yang Benar

Untuk tata cara mandi junub langkah pertama yaitu tetap NIAT. Niat atau Doa yang di baca adalah sebagai berikut :

Niat Mandi Junub :

Artinya :

Aku berniat mandi untuk menghilangkan hadats besar, fardhu karena Allah Taala.

Dengan niat ini bertujuan untuk membedakan mandi wajib dengan mandi biasa.

Yang kedua, Membersihkan kedua telapak tangan. Kalian bisa membasuh tangan  kiri dan bersihkan menggunakan tangan kanan, begitupun sebaliknya. Kalian ulangi sampai 3 kali.

Yang ketiga, Mencuci kemaluan. Cucilah dan bersihkanlah kemaluan dari mani dan kotoran yang ada pada sekitarnya.

Yang keempat, Berwudhu. Ambilah wudhu sebagaimana ketika hendak sholat.

Yang kelima, Membasuh rambut dan menyela pangkal kepala. Kamu bisa masukkan telapak tangan ke air, atau ambilah air dengan kedua telapak tangan (jika menggunakan shower) lalu gosokkan ke kulit kepala, lantas siramlah kepala sampai 3 kali.

Yang keenam, Menyiram dan membersihkan seluruh anggota tubuh. Pastikan seluruh anggota tubuh tersiram air dan bersihkan, termasuk lipatan atau bagian bagian tersembunyi seperti ketiak dan sela sela jari kaki.

Nah demikianlah tata cara mandi junub yang baik dan benar. Semoga dengan ini tidak ada lagi yang bingung untuk melakukan mandi junub ya.

Sumber: Fiqh Islam, Bersamadakwah, dbs.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here