Beranda Bisnis Apa Itu Dropship ? Ini Dia Perbedaan Dropship Dan Resseler !

Apa Itu Dropship ? Ini Dia Perbedaan Dropship Dan Resseler !

19
0
dropship tiu apa
Advertisement

Dropship itu apa sih ? Mungkin ada yang bertanya” tentang apa itu dropship? Pasti juga banyak yang belum tau tentang droship ini. Mungkin hanya orang yang berbisnis online saja yang tau istilah dropship ini. Tapi, buat yang baru mendengar apa itu dropship mari kita bahas dengan seksama, Apa sih dropship itu ?

Apa Itu Dropship

Menurut WikiPedia Pengertian dropship adalah sebuah teknik pemasaran dimana penjual tidak menyimpan stok barang, dan dimana jika penjual mendapatkan order, penjual tersebut langsung meneruskan order dan detail pengiriman barangnya ke distributor/supplier/produsen.

Dropship adalah suatu sistem dan pola bisnis yang sangat populer, terutama sejak kemunculan dunia Internet. Dengan pola Dropship ini, ada banyak pihak yang terbantu mulai itu Supplier, dropshipper, dan konsumen atau pembeli.

Baca Juga : Bisnis Anak Mudah Yang Menjanjikan

Advertisement

Supplier adalah pemilik barang yang memiliki stock untuk di jual, sedangkan dropshiper adalah pihak penjual (marketer dan seller) yang menjual barang milik supplier, dan konsumen adalah pembeli barang yang membeli dari dropshipper. (Sampai sini maksud kan?)

apa itu droship

Perbedaan Dropship Dan Resseler

Sebenernya hanya satu saja yang membedakan antara dropship dan resseler, apa itu ? STOCK BARANG, Kalau resseler biasanya harus punya barang terlebih dahulu, beda dengan dropship, dengan dropship kita tidak perlu menyetok barang untuk di jual, dropship bisa langsung menjual langsung hanya modal gambar dan spesifikasi produk saja sehingga mudah di jalankan.

Peluang Bisnis Dengan Dropship

Jualan online dengan sistem dropship ini bisa menjadi peluang bisnis yang menjanjikan, kalian bisa memulai bisnis ini tanpa modal sedikitpun, Kok bisa tanpa modal? Ya bisa banget!! Karena dalam sistem dropship ini kalian bisa berperan sebagai seorang dropshipper yang tidak perlu memiliki stock barang.

Sementara stock barang hanya ada di pihak supplier saja. Sebenernya di era ini siapapun bisa menjadi dropshipper, yang penting ada kemauan untuk menjual, karena skill menjual ini sangatlah penting.

Keuntungan Bisnis Dropship

Dengan sistem dropship ini bisa memberikan keuntungan pada siapa saja yang terjun di dunia Bisnis. Bagi supplier, mereka sangat terbantu barangnya di pasarkan secara lebih luas. Begitupun bagi dropshipper, ini bisa menjadi kentungan yang besar tanpa modal sekalipun. Dropshipper ini bisa menentukan berapapun harga yang ingin dijualnya, karena barang dari supplier ini pasti lebih murah.

Kekurangan Bisnis Dropship

Namanya bisnis pasti ada yang namanya kelebihan dan kekurangan, keuntungan dan kerugian, tidak ada bisnis yang selalu lebih. Begitu juga dengan bisnis dropship. Apa beberapa kelemahan yang perlu kalian ketahui.

Tidak Memiliki Akses Memantau Stock Produk

Karena semua produk ada di supplier, maka kalian tidak punya kuasa untuk mengecek stock produk tinggal berapa di supplier. Bisa jadi pagi ini masih ada 100 pcs. eh sore harinya tinggal 50 pcs atau habis. Jadi, kalian harus membiasakan diri dengan ketidakpastian seperti ini.

Resiko Komplain Customer Meningkat

Kenapa kok bisa komplain customer meningkat?? Karena kamu tidak memegang barangnya, jadi kamu tidak bisa memiliki kontrol untuk stock barang dan mengecek kondisi barang. Selain itu juga kamu tidak memiliki akses untuk update jumah stock barang, bisa jadi kamu akan mengalami kehabisan barang padahal sudah di bayar oleh cutomer.

Dengan kekurangan ini kalian di wajibkan untuk menahan mental dan siap menghadapi komplain customer. Setiap customer tentu menginginkan barang cepat sampai dalam kondisi bagus. Tapi jika berada di posisi dropship bisa saja ini sedikit sulit kamu lakukan.

Skill Yang Di Butuhkan Bisnis Dropship

Jika hanya sekedar untuk mulai ikut jalankan dropship ini, kalian tak perlu modal khusus untuk dimiliki, Namun jika hasilnya memuaskan, maka ada baiknya memang jika kalian menambah skill kamu dengan beberapa kemampuan lain khususnya dalam bidang marketing. Skill dasar yang harus kalian kuasai adalah Paham Internet termasuk juga media sosial, marketplace dan lainnya. Sementara skill avance yang lain adalah

  • Search Engine Optimization (SEO)
  • Social Media Optimization (SMO)
  • CopyWriting
  • Teknik Clossing
  • Dan lainnya

Cara Memulai Bisnis Dropship

Nah sekarang kalian sudah tau kan apa saja yang dibutuhkan, tinggal kapan mau dimulainya, apa saja yang harus di persiapkan? Pertama” kalian bisa mencari supplier terlebih dahulu, usahakan cari supplier dengan harga barang yang miring namun kualitas barang lumayan baik. Dan kalian hubungi pihak supplier tersebut dan izin untuk membanti menjualkannya, cari supplier yang terpercaya kalian bisa gabung di BukaLapak, TokoPedia, Kudo, dan lainnya.

Demikianlah yang dapat saya bagikan tentang apa itu dropship? keuntungan dropship dan kekurangan dropship. Jadi untuk memulai bisnis dropship ini kalian harus benar” siap untuk menjalankan. Kan bisnis ini tanpa modal..

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here