Pilih Kerja Atau Kuliah ? Setelah Lulus Sekolah Kamu Mau Kemana ?

Yey!! Ujian sekolah pun sudah selesai ! Selamat ya buat kamu yang telah menyelesaikan ujian nasional. Saat ini mungkin kamu merasakan kelegaan yang luar biasa setelah ujian nasional, Tapi pasti juga ada rasa dag dig dug menunggu pengumuman hasil ujian.. Yaaa mimin doakan semua lulus dengan nilai yang memuaskan !

Sembari menunggu kelulusan, apakah di antara kalian semua sudah ada pandangan setelah lulus SMA/SMK mau kemana? Rencana mau kerja atau kuliah nih, sudahkah kamu menentukan pilhanmu ? atau mungkin saat ini kamu masih bingung mau kemana setelah lulus sekolah ?

Bro, bekerja atau kuliah setelah lulus sekolah itu mempunyai kelebihan dan kekurangan masing”/ Agar kalian tidak bingung dalam merencanakan tujuan hidupmu, kamu bisa simak gambaran perbedaan dari bekerja dan kuliah yang bisa kamu jadikan refrensi dalam membuat keputusan.

Perbandingan Kerja VS Kuliah Setelah Lulus SMA/SMK

Bekerja Artinya kamu akan mempunyai penghasilan sendiri, Sedangkan bangku kuliah akan membekalimu dengan Ilmu

Menunda bekerja artinya kamu akan menunda kesempatan untuk bisa menghasilkan uang sendiri, tapi kesempatan karier yang ditawarkan setelah kamu lulus pasca sarjana nanti mungkin akan lebih terbuka lebar. Cobalah untuk mencari tau lebih banyak lagi soal kecenderungan lulusan dari jurusanmu.

Kamu di bayar jika memilih bekerja, Dan kamu harus membayar jika memilih kuliah. Pilih yang mana hayo !

Coba kamu pahami baik baik kehidupanmu sekarang, adakah orang yang membutuhkan tenagamu untuk bekerja? Jika kamu memiliki tanggungan di keluarga untuk membiayai mereka maka kamu pun harus menanggapinya dengan bijak ya !

Bekerja membuatmu lebih Open Minded, Sementara kuliah akan memperdalam teori yang telah kamu dapatkan sebelumnya !

Dunia bekerja sangat lebih jauh dengan dunia akademik, namun bukan berarti  dua hal ini tak punya titik temu ilmu pengetahuan yang kamu dapatkan dibangku kuliah nantinya juga kamu di tuntut agar bisa di terapkan didunia kerja. Dan harapannya, lebih banyak teori yang kamu punya, lebih bijak pula kamu dalam melaksanakan pekerjaan mu nanti.

Latar belakang pendidikan memang penting, Tapi sering kali pengalaman bekerja yang lebih di utamakan.

Saat dirimu sudah mantap berkecimbung di dunia kerja, ada dua hal yang dinilai oleh perekrut. Pertama mereka akan melihat latar belakang pendidikan kamu sebagai tiket masuk kerja, selanjutnya mereka yang mereka perdalam adalah sejauh mana pengalamanmu di dunia kerja. Lagi lagi ini semua tergantung dari bidang kerja dan kuliah yang kamu tekuni.

Banyak sekali Rumor sarjana ujungnya pengangguran dan lulusan sekolah menengah bisa sukses.

Rumor ini memang tidak sepenuhnya salah bro, namun jika kita juga harus melihat apa penyebabnya sampai hal ini terjadi, Jika kamu memahami permasalahnnya dan tau bagaimana mengatasinya, memilih untuk melanjutkan study tidak akan lagi punya penghalang. Lagi pula kamu kalau sudah mengantongi beberapa prestasi dan aktivitas selama menjadi mahasiswa, kesempatanmu berkarier dengan cemerlang pun juga lebih besar.

Jaringanmu akan lebih luas jika kamu memilih kerja atau kuliah

Hanya saja, orang” yang masuk ke dalam jaringanmu memiliki tipe yang berbeda, Mereka yang bekerja akan memiliki lebih banyak teman dari kalangan profesional di bidangnya. Sementara mereka yang kuliah akan lebih banyak mengenal akademis. Kamu lebih senang bergaul yang mana ?

Perlu kamu fikir baik baik dimana passion mu sebenernya !!

Memilih bekerja atau kuliah bukanlah memilih yang benar atau yang salah, baik atau buruk, dua duanya adalah pilihan yang baik dan benar jika memang semua itu sesuai dengan passion dan goal yang sudah kamu pasang untuk masa depan mu. Jadi kamu fikir baik” ya!

Lalu bagaimana jika saya ingin kuliah tapi tidak memiliki Dana ?!

Solusi Ingin Kuliah, Namun Tidak Cukup Dana !

Saat ini memang dana yang dibutuhkan untuk kuliah tidaklah sedikit, namun bukan berarti tidak ada dana dan tidak bisa kuliah. Di sini indah akan memberikan tips yang bisa kamu pertimbangkan jika kamu ingin kuliah tapi tidak memiliki dana !

Bekerja Sambil Kuliah!

Jika memang ingin kuliah tanpa ingin membebani orang tua, kamu bisa mengatasinya dengan bekerja sambil kuliah, Jika itu masih membuatmu ragu indah akan memberikan tips cermat kulaih sambil bekerja !

  • Pilihlah pekerjaan yang waktunya cukup flexible, sehingga waktu kuliah sama waktu mu bekerja tidak tabrakan dan akhirnya menyusahkan diri sendiri. Seperti kamu bisa bekerja sebagai freelance atau secara part time
  • Jika tidak sanggup mengikuti kelas perkuliahan jam reguler kamu bisa memilih kelas untuk karyawan, agar kamu bisa lebih mudah mengatur waktu anatara kuliah dan bekerja.
  • Upayakan kamu kuliah sambil bekerja yang sesuai dengan pekerjaan yang sedang kamu tekuni, sehingga itu bisa membantu dalam meningkatkan karir kamu.
  • Selalu sisihkan 40% dari gaji yang kamu miliki untuk di kumpulkan sebagai dana kebutuhan kuliah baik membayar uang semester atau kebutuhan lainnya.

Program Beasiswa

Baik lembaga masyarakat atau pemerintah, ada banyak yang menyediakan program pemberian beasiswa untuk dana kuliah. Contohnya saja beasiswa bidikmasa dan Djarum beasiswa plus atau mengunjungi beasiswa unggulan.kemdikbud.go.id yang diberikan khusus untuk kamu yang berprestasi.

Rajin rajinlah kamu mencari beasiswa dari berbagai sumber, uang biasiswa ini bisa membantu biaya kuliahmu lebih ringan, bahkan juga ada beasiswa yang menaggung 100% biaya pendidikan S1 di Indonesia.

Baik bekerja atau kulaih merupakan pilihan yang sama sama memiliki nilai plus dan minus. Pikirkan baik baik sebelum memutuskan!! Apapun keputusan yang kamu pilih, jika kamu menaruh niat yang baik dibaeringi dengan usaha yang maksimal maka kesuksesan bisa diraih !!

Jadi, apakah kamu sudah bisa menentukan pilihanmu ? Ingatlah apapun yang kamu pilih nantinya, pasti sama sama mengandung hikmah yang baik untukmu. Maka setelah memilih jalani dengan penuh komitmen dan keikhlasan. Jangan memilih hanya mengikuti teman” atau keinginan orang tua ! ini adalah hidupmu sendiri dan usia 20an merupakan momen emas untuk membentuk dirimu ke masa depan yang lebih cerah !!!

      Tinggalkan Balasan

      Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

    Just For You