Beranda Tips Blogging Beberapa Kesalahan Saat Membuat Judul Artikel Yang Wajib Di Hindari !

Beberapa Kesalahan Saat Membuat Judul Artikel Yang Wajib Di Hindari !

24
0
Keselahan Saat Menulis Judul Artikel
Advertisement

Keselahan Saat Menulis Judul Artikel – Membuat judul itu tidak semudah apa yang kita bayangkan. Untuk membuat judul di buthkan bumbu dan meraciknya agar judul tersebut menarik perhatian pembacanya. Selain dibuat dengan menarik, pemuatan judul juga harus ditulis dengan kaidah tulisan yang benar.

Untuk menulis judul artikel ini tidak boleh asal asalan atau menyelepelakan aturan yang berlaku. Pembuatan judul juga secara tidak langsung mencerminkan skill berbahasa dan promosi kamu.

Semakin baik judul yang kamu tulis, semakin baik juga keterampilan kamu dalam menulis. Hal ini juga menjadi pertimbangan pembaca. Maka dari itu sebaiknya kalian mengetahui beberapa kesalahan saat menulis judul artikel.

Daftar Isi

Advertisement

Kesalahan Saat Menulis Judul Artikel

Mengabaikan Batas Panjang Judul Di Google

Tidak sedikit blogger yang menulis judul yang panjangnya hingga memotong di hasil pencarian Google. Akibatnya judul menjadi kurang menarik bagi pengunjung. Untuk mengatasi Hal ini sebenarnya cukup mudah, kalian hanya perlu menulis judul yang tidak terlalu panjang namun masih bisa mengandung apa yang ingin kamu sampaikan.

Jika kalian menggunakan Platfrom wordpress self host kalian bisa menggunakan plugin Yoast SEO atau All in One SEO Pack. Dengan plugin tersebut, kamu bisa membuat dua versi judul,

  1. Judul untuk mesin pencari
  2. Judul untuk pengunjung

Judul untuk mesin pencarian maksimal menggunakan 60 karakter sedangkan judul untuk pengunjung ini tidak dibatasi.

Memakai Tanda Titik Pada Akhir Judul

Jika kalian saat membuat judul artikel dan di akhiri dengan tanda titik maka jangan di ulangi lagi ya. Itu adalah kesalahan yang tidak perlu kamu lakukan lagi. Untuk penggunaan tanda titik ini sendiri lebih baik kalian gunakan pada akhir kalimat, bukan untuk judul

Contohnya :

  • Cara Membuat Judul Yang Benar. (salah karena menggunakan tanda titik di akhir judul)
  • Cara Membuat Judul Yang Benar (benar karena tidak ada titik di akhir judul)

Lalu bagaimana jika kita memberi titik pada tengah judul ???

Untuk menggunakan judul pada pertengahan, alangkah baiknya jika kalian menggunakan tanda koma namun, jika di arasa itu perlu penggunaan ini sebenernya boleh boleh saja.

Mengabaikan Tanda Tanya Pada Judul

Dalam menulis judul tidak harus monoton dan itu itu saja. Sebuah judul juga bisa kalian buat dalam bentuk pertanyaan. Kalau susunan katanya pas, maka judul berupa pertanyaan biasanya menjadi lebih menarik bagi pembacanya.

Namun, sepertinya banyak yang menyepelekan hal ini, judul yang berupa pertanyaan tersebut malah tidak diberi tanda tanya, akhirnya judul tersebut jadi tidak jelas. Ini lah judul yang kurang tepat

  • Apakah kamu jomblo
  • Apakah kamu sudah nikah
  • Kamu sudah punya berapa mantan

Contoh judul yang benar :

  • Apakah kamu jomblo?
  • Apakah kamu sudah nikah?
  • Kamu sudah punya berapa mantan?

Menggunakan Huruf Kapital Semua

Kesalahan saat menulis judul pada artikel yang satu ini adalah menggunakan huruf kapital semua, seakan Capslock nya itu rusak ya! Hal ini membuat risih para pembacanya, dan ini kesalahan yang cukup fatal menurut saya sendiri.

Jauh lebih baik jika kalian menggunakan huruf besar itu di awal saja, bukan semua judul kamu jadikan huruf besar. Selain lebih enak dipandang mata, penggunaan judul yang seperti ini juga terkesan lebih santai dan kalem.

Membuat Judul Yang Tidak Logis

Kalian pasti pernah menemukan judul judul yang susah di baca, tidak logis, dan membuat pemahaman kamu ini berbeda. Kesalahan saat menulis judul seperti inilah sangat mengganggu pemandangan para pembacanya karena tata bahasanya benar” rancu dan terkadang tidak nyambung dengan topik. Biasanya yang seperti ini adalah tukang click bait !

Kita bisa menyimpukan disni bahwa menulis judul artikel memang perlu perhatian khusus. Selain itu juga, kita di tuntut untuk membuat judul yang menarik agar banyak pengunjung yang membaca artikel kita. Sebenernya sih masih ada beberapa kesalahan yang sering di jumpai, namun beberapa contoh di atas sudah cukup untuk kamu agar bisa lebih baik lagi dalam membuat judul artikel.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here