Beranda Bisnis Kamu Perlu Tahu, Tips Sukses Menjalankan Bisnis Dropship !

Kamu Perlu Tahu, Tips Sukses Menjalankan Bisnis Dropship !

22
0
tips sukses bisnis dropship
Advertisement

Dropship ? Apa itu dropship? Di postingan sebelumnya kita sudah membahas tentang pengertian dropship. Namun buat kamu yang belum tau kalian bisa baca apa itu dropship dan perbedaan dengan resseler. Dan pasti setelah tau apa itu dropship pasti banyak yang mau tips sukses menjalankan bisnis dropship ini. Bisnis yang tanpa modal sedikit pun tapi bisa mendapatkan keuntungan yang banyak.

Di sini mimin akan bagikan kepada kalian beberapa tips menjalankan bisnis dropship pemula, apa saja sih yang harus di perhatikan sebelum memulai bisnis dropship ini ? Nanti akan kita bahas dengan seksama.

Hmm Dropship,,, Meskipun dropship ini bisa di bilang bisnis yang siapa saja boleh melakukannya, karena modal yang dikeluarkan pun tidak cukup besar bahkan bisa di bilang tanpa modal sekalipun. Namun, bisnis dropship ini bukan bisnis yang bisa dijalankan dengan mudah. Dalam artian banyak tantangan yang akan kalian hadapi nanti kedepannya. Seperti contoh kecilnya saja molornya jadwal pengiriman dan produk tidak sesuai dengan gambar yang di pasang.

Tenang… Kamu nggak usah khawatir, karena itu semua bisa kita atasi dengan beberapa tips sukses menjalankan bisnis dropship ini. Harapan mimin dsini agar para dropshiper bisa menjadi dropshiper yang sukses!

Advertisement

Tips Sukses Menjalankan Bisnis Dropship !

Lakukanlah Produk Penetrasi

Dalam memulai bisnis online, kita sering kali terlena untuk menjual berbagai barang sekaligus, padahal hal terebut hanya akan membuat kita tidak fokus. Maka saran mimin disni cobalah untuk fokus pada satu produk terlebih dahulu, tingkatkan branding pada produk tersebut agar orang semakin yakin dengan bisnis mu.

Pikirkan Tentang Branding

Untuk lebih meyakinkan para pembeli, kalian bisa melakukannya dengan berbagai cara, seperti misalnya membuat toko online. Yups! Sebuah toko online akan meninkatkan kepercayaan pembeli karena mereka akan menganggap bahwa kamu adalah penjual profsional yang sudah memiliki nama besar (brand).

Gunakan Strategi Cross Selling

Mungkin strategi ini baru pertama kamu dengar ya? Saya beri singkatnya saja ya, cross selling adalah teknik untuk menjual dua barang dalam satu waktu. Sedikit mimin contohkan ya, ada seorang dropshiper yang menjual baju dan jika dia jeli maka dia bisa menerapkan stragei cross selling dengan cara menawarkan jaket, sweater atau barang lain yang masih terkait dengan produk utama.

Berikan Pelayanan Yang Cepat Fast Respond

Pelayanan konsumen yang cepat merupakan kunci sukses untuk memenangkan persaingan pada usaha. Bukan hanya cepat saja yang harus prima, intinya kamu harus mampu memberikan pelayanan yang benar” memuaskan pelanggan. Jika kamu tidak mampu menghandle masukan atau keluhan pelanggan, maka kamu bisa menyewa Customer Service untuk jalan keluarnya.

Minimalkan Resiko Rugi Waktu

Menuliskan deskripsi yang lengkap pada produk yang akan kamu jual nanti akan membantu kamu untuk menjawab pertanyaan yang sama secara berulang dan ini artinya kamu akan menghemat banyak waktu yang mungkin akan terbuang yang sebelumnya kamu gunakan untuk menjawab pertanyaan yang berulang.

Tingkatkan Diri Menjadi Reseller

Banyak yang berfikir bahwa dropshipper dengan resseler itu sama. tapi kenyataannya adalah Beda, seorang reseller lebih memiliki peran besar dari pada dropshipper. Karena resseler mempunyai stock barang di gudang namun tidak dengan dropshipper.  Reseller memiliki kendali secara penuh dimana hal ini tidak bisa dilakukan oleh dropshipper.

Sampaikan Ke Supplier Tentang Hak Kamu Sebagai Dropshipper

Dalam bisnis dropshipper ini, kita sebagai dropshipper memiliki beberapa hak yang harus dipenuhi oleh supplier. Misalnya mencantumkan nama brand kita pada nama pengirim dan juga meminta personal garansi. Seorang supplier yang profesional, mimin yakin akan paham dengan hak hak yang harus mereka berikan kepada dropshipper.

Temukan Supplier Yang Terpercaya

Untuk menghindari hal hal yang tidak di inginkan, seperti barang cacat, barang tidak sesuai dengan gambar, maka sebaiknya kamu benar” bisa memilih supplier yang terpercaya. Kalian bisa mencari nama dan reputasi yang baik. Disini nama kalian menjadi taruhan saat barang yang dipesan tidak sesuai dengan pesanan.

Test Supplier Dengan Menjadi User

User di sini maksudnya kamu sebagai pembeli. Jadi jika kalian ingin mendapatkan supplier yang baik, maka kalian bisa lakukan test kecil”an dengan menjadi pembeli. Hal ini untuk memastikan bahwa supplier yang kamu pilih benar” bisa dijadikan sebagai partner. Test seperti ini juga bisa membantu kamu mencari tahu kualitas produk yang dijual oleh supplier.

Jangan Mudah Pasrah !

Kebanyakan para pemain bisnis dropship ini (tidak semua) memiliki mental yang mudah sekali pasrah. Mental yangintinya jika barang terjual maka dia bersyukur dan jika tidak terjual ya pasrah gitu aja. Padahal mental yang seperti itu akan membuat mereka susah berkembang, karena seorang pembisnis harus memiliki target sebuah pencapaian.

demikianlah tips sukses menjalankan dropship yang perlu kamu tau, jika kamu ingin menjalankan bisnis dropship ini. Dengan tips di atas semoga kalian bisa memahami apa saja yang harus kalian lakukan nantinya. Terutama carilah supplier yang terpercaya dan mengerti hak kamu sebagai dropshipper!

Refrensi Artikel : https://komunitas.bukalapak.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here