Beranda Serba Serbi Tips Sukses Menghadapi UNBK 2019, Agar Dapat Nilai Yang Bagus !

Tips Sukses Menghadapi UNBK 2019, Agar Dapat Nilai Yang Bagus !

6
0
tips sukses unbk 2019
Advertisement

Asslamualaikum Teman”, Nggak kerasa yah, sebentar lagi kalian akan menghadapi UNBK ini, tapi tidak perlu khawatir untuk teman” semua. Memang saat ini nilai ujian nasional bukanlah hal yang menentukan kelulusan, tapi tetap saja pasti kita merasa khawatir kalau nantinya nilai kita jelek.

Jadwal UNBK akan dilaksanakan sekitar bulan april mendatang, menurut saya sendiri itu adalah waktu yang sangat cepat jadi buat kalian jangan terlalu santai ya! Ada beberapa sekolah yang memang menggunakan komputer dalam ujian nasional nanti atau yang bisa di sebut dengan UNBK (Ujian Nasional Berbasis Komputer).

Sebagai pelajar yang ingin sukses menghadapi ujian nasional ini, kamu harus mempersiapkan semuanya sejak saat ini jauh jauh sebelum UNBK akan di mulai. Nah di sini saya akan membahas tentang cara sukses UNBK tahun 2019 agar kalian bisa mendapatkan nilai yang cukup besar nantinya

Tips Sukses UNBK Tahun 2019

Mempersiapkan Diri

Advertisement

Mempersiapkan diri adalah cara utama dalam meraih kesuksesan ujian nasional. Belajar secara konsisten dari awal sebelum mendekati UNBK, jangan sampai kamu belajar saat sudah mendekati UNBK atau yang biasa disebut dengan SKS (Sistem Kebut Semalam)

Karena materi ujian nasional itu sangat banyak, mulai dari kelas 1 sampai kelas 3 jadi kamu harus belajar dari jauh” hari agar tidak merasa dikerjar waktu. Misalnya saja dengan meluangkan waktu 2 jam sehari untuk belajar materi ujian nasional.

Selain mempersiapkan otak, kamu juga harus mempersiapkan mental kamu ya, Dalam artian kamu harus yakin kamu BISA dan SUKSES dalam mengerjakan ujian nasional nanti. Tapi jangan terlalu PD dan Yakin sampai” kamu tak ada pengorbanan untuk belajar.

Mempelajari Kisi Kisi Ujian Nasional

BSNP atau Badan Standar Nasional Pendidikan yang mana perupakan penyelenggara Ujian Nasional biasanya sudah merilis secara resmi kisi kisi ujian nasional setiap tahunnya. Kalian bisa manfaatkan kisi kisi itu sebaik mungkin yaitu dengan menganalisi kisi kisi dari tahun ke tahun dan kalian kerjakan secara bertahap.

Karena biasanya yang mimin perhatikan soal soal ujian sebelumnya ada beberapa yang masuk di soal ujian yang akan datang.

Jangan GAPTEK

Kita sebagai generasi milineal, jangan sampai kita gagap teknologi seperti cara menggunakan komputer. Karena untuk beberapa tahun kedepannya pasti teknologi sangat bermanfaat dalam membantu kehidupan kita sehari”.

Contohnya saja sekarang, awalnya ujian yang kita lakukan menggunakan kertas dan pensil, sekarang sudah menggunakan Komputer untuk melaksanakan ujian tersebut, yang mana akan lebih efisien dan lebih canggih.

Jadi mulailah dari sekarang kalian berteman dengan teknologi, supaya tidak merasa khawatir saat melihat soal UN di depan komputer.

Ikuti Simulasi 

Sebelum menghadapi UNBK, biasaya setiap sekolah pasti melaksanakan simulasi UNBK, meskipun simulasi itu dilakukan di luar jam belajar atau bahkan libur, sempatkanlah waktu untuk mengikutinya. Karena simulasi tersebut bertujuan untuk membiasakan kamu supaya tidak cemas dalam menghadapi UNBK nanti.

Mulai Kerjakan Soal Yang Mudah Dulu

Hal ini ada loh kaitannya dengan waktu mengerjakan, jangan sampai kamu mengerjakan soal yang susah” maka itu akan memakan waktu kamu mengerjakan ujian nasional nanti. Kalian bisa kerjakan dulu yang lebih mudah baru lanjut ke soal yang sekiranya bisa kalian kerjakan dulu. Dengan ini kamu tidak akan kehabisan waktu mengerjakan soal ujian.

Harus Percaya Diri

Jika kalian sudah mempersiapkan dari jauh jauh hari dan dari rumah kamu sudah siap untuk bertempur menghadapi ujian nasional jangan sampai percaya diri itu hilang karena kamu mendapat kunci jawaban dari teman.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here