Beranda Tips Blogging Apa itu Backlink ? Seberapa Pengaruh Terhadap SEO ? (Hati hati!)

Apa itu Backlink ? Seberapa Pengaruh Terhadap SEO ? (Hati hati!)

44
0
apa itu backlink
Advertisement

Mungkin sebagian kalian para Blogger sejati sudah tau apa itu backlink, tapi belum tentu untuk pemula mengerti apa itu backlink. Jika kalian mempunyai sebuah blog kalian bisa menanamkan backlink pada situs kalian, dengan kalian menanam backlnk tersebut pun mempunyai beberapa keuntungan yang bisa kalian dapatkan.

Nah sebelum kita membahas tentang backlink, dan apakah masih penting backlink itu di gunakan dan seberapa pengaruh backlink dalam situs kita ? Lebih baik kita cari tahu terlebih dahulu tentang apa itu backlink.

Apa itu Backlink ?

Bro Backlink Apaan sih !

Buat kalian yang belum tahu apa itu backlink, simak baik baik nih penjelasan tentang backlink tersebut.

Advertisement
Backlink Adalah sebuah link yang di tanamkan di berbagai website lain dan mengarahkannya ke website kamu atau website yang sedang di optimasi.
Manfaat dari backlink ini sendiri sangat penting untuk meningkatkan tingkatakan website kalian, mulai dari meningkatnya trafik dan juga authority pada sebuah website. Tidak hanya itu backlink juga bisa meningkatkan popularitas website dan menaikkan pagerank juga lho!

Apakah Backlink Masih Penting ?

Nah apakah backlink ini masih penting ? Coba sekarang kita simak dulu dari salah satu uraian JohnMu dari Webmaster Central Help Forum yang berkata :

Yes, Back links do play an important role in SEO. But now a days, the things are bit different. It helps to generate referral traffic and also helps in increasing the Domain Authority(DA) of the website. Try to get links from the websites which have high DA and PA.

Yang artinya kurang lebih “Ya! Backlink masih memainkan peran penting dalam SEO. Namun sekarang sedikit berbeda. Backlink hanya membantu untuk mendapatkan lalu lintas rujukan dan juga membantu dalam meningkatkan DA dari sebuah website, Cobalah untuk mendapatkan link dari situs yang memiliki DA dan PA yang tinggi”.

Nah ternyata, pengaruh backlink ini masih penting dalam hal SEO, namun dengan pengertian yang beda. Backlink sudah bukan lagi sebagai penentu suatu website untuk menduduki halaman di mesin pencari, melainkan hanya rujukan untuk mendapatkan suber trafik dan hanya membantu dalam meningkatkan DA dan PA sebagai pengganti pagerank yang sudah tidak di update lagi oleh pihak Google.

Dengan kata lain di sini adalah backlink yang bagus itu berasal dari situs yang mempunyai DA dan PA yag tinggi, yang nantinya akan berpengaruh kepada DA dan PA di blog kita dan bisa membantu meningkatkan SERP pada artikel dalam hasil pencarian di mesin pencarian terutama Google. Jadi disini saya tekankan bahwa untuk mencari Backlink yang berkualitas itu dari situs yang berkualitas juga.

Bagaimana Cara Mendapatkan Backlink Berkualitas ?

Untuk mendapatkan backlink yang berkualitas kalian bisa menggunakan :

  • Guest Post dengan blog yang mempunyai DA dan PA yang tinggi
  • Membeli backlink (Jangan tergiur dengan harga yang murah)
  • 1 Niche atau 1 pembahasan dengan blog kita

Carilah Backlink Sewajarnya aja !

Untuk mencari backlink, kita bisa sesuaikan juga dengan usia blog kita, jangan kalian mencari backlink dengan jumlah yang banyak dalam satu waktu yang singkat, karena Google akan menganggap ini sebagai SPAM. Jadi kaian perlu berhati hati dalam mencari backlink atau membeli backlink demi kelangsungan blog kalian.

Nah demikianlah pembahasan tentang apa itu Backlink dan apakah pengaruh backlink pada SEO, Jadi kesimpulannya adalah “Konten akan tetap jadi paling utama dan backlink hanyalah pendukung saja” Untuk membangun blog hingga sukses memang membutuhkan kesabaran yang sangat tinggi, dan Google akan lebih memprioritaskan konten dan konten adalah barang yang sangat berharga di mata Google. Jadi buatlah konten yang berkualitas!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here