Beranda Tips Blogging Mengapa Blogger Wajib Posting Ulang Konten Lama? Berikut Penjelasannya!

Mengapa Blogger Wajib Posting Ulang Konten Lama? Berikut Penjelasannya!

63
0
Advertisement

Mungkin sebagian besar blogger sudah banyak yang memiliki ratusan bahkan ribuan artikel dalam blognya. Namun jika harus memposting ulang konten lama yang sudah kita tulis itu rasanya pasti malas. Tapi, tahukah kalian ada beberapa manfaat kenapa kita wajib posting ulang konten lama? Yuk kita baca ulasan di bawah ini.

Keuntungan Posting Ulang Konten Lama

Dalam hal ini yang di maksud memposting ulang adalah melakukan pembaruan dari konten lama yang sudah pernah kita tulis sebelumnya kemudian memperbarui tanggal postingan tersebut. Nah, secara tidak langsung, konten tersebut akan menjadi konten baru tanpa harus membuat konten yang sepenuhnya baru.

Salah satu yang perlu di perhatikan dalam hal ini adalah jangan sampai kamu mengubah alamat URL konten tersebut, Maka secara tidak langsung konten tersebut akan di anggap sepenuhnya baru tanpa mempertimbangkan posisi sebelumnya dari konten tersebut yang sudah masuk di mesin pencarian.

Advertisement

Terutama jika konten tersebut sudah memiliki backlink, sangat di sayangkan jika harus kehiangkan backlink itu. Dan berikut beberapa alasan kenapa kita perlu posting ulang konten lama :

1. Konten Sudah Lama

Ketika kita memiliki konte yang sudah masuk ke mesin pencarian, kemudianbahwa ada pengunjung yang melihat konten tersebut namun harus kecewa karena konten yang kita miliki sudah usang. (misalnya pengunjung buka di tahun 2019 sedangkan di postingan kita tercantum pembuatan di tahun 2015) kan kecewa nih pengunjung Ah sudah basi !

Sudah lama di sini di artikan bahwa informasi yang terdapat dalam postingan tersebut tidak lagi relavan atau perlu dilakukan update. Dengan melakukan postingan ulang, kita bisa membuat konten lama ini menjadi lebih relavan sehingga tidak mengecewakan pengunjung.

Mungkin kalian hanya perlu memodifikasi konten, namun lebih baik lagi jika konten tersebut di perbaiki dan ditambahkan informasi dalam jumlah yang besar.

Konten Tidak Masuk Halaman Pertama Di Mesin Pencari

Perlu kita ketahui bahwa 91% orang mencari konten dari mesin pencari hanya melihat pencarian halaman pertama saja, sisanya meneruskan pencarian di halaman berikutnya. Jadi, sekarang bayangkan saja, jika konten lama yang kita buat berada di posisi pertama namun malah  berada di halaman ke dua di mesin pencari.

Jika kita melakukan update terhadap konten tersebut, menambahkan informasi menarik, kemudian di posting ulang, tentu ada kemungkinan kita mendapatkan tambahan share ke media sosial dari pengunjung kita. Dan di sisi lain juga jika kita membiarkan konten lama tidak terUpdate maka konten tersebut akan tenggelam seiring berjalannya waktu.

Konten Harus Di Update Secara Berkala

Pada topik pembahasan setiap blog pasti ada yang memerlukan update secara berkala, seperti misalnya blog yang membahas tentang software atau aplikasi. tentunya situs tersebut akan mengalami pembaruan baik dari sisi fitur, informasi, dan lain lain.

Jika kita mempunyai konten macam ini, kita wajib untuk rutin melakukan publish ulang, seperti yang sudah saya sampaikan, ketika nantinya ada pembaca yang melihat konten lama tersebut, maka mereka akan meninggalkan blog kita dengan review negatif “ah blog gak pernah update”

Memanfaatkan Alogaritma Google

Salah satu pembaruan alogritma mesin pencarian google yang paling dalam beberapa tahun belakangan ini adalah bagaimana google tidak hanya memperhatikan exact keyword namun juga memperhatikan semantic keyword.

Sedikit saya jelaskan tentang exact keyword adalah kata kunci yang benar benar sama, semisal konten membahas tentang resep ayam goreng, maka exact keyword yang dimasukan hanyalah “resep ayam goreng” saja. sedangkan, saat ini google juga memperhatikan semantic keyword dalam kasus “resep ayam goreng” misalnya “resep ayam goreng paling nikmat” “cara memasak ayam goreng krispy” dan lain lain.

Nah, dengan kita melakukan update terhadap konten lama, kita juga bisa memaksimalkan dengan menambahkan semantik keyword atau kata kunci turunan dalam konten tersebut. Dengan begitu kesempatan untuk menaikkan peringkat konten bakal lebih meningkat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here