Beranda Tips Komputer Cara Mengizinkan Mac Address Tertentu Terhubung Modem Indihome

Cara Mengizinkan Mac Address Tertentu Terhubung Modem Indihome

8
0
Advertisement

Cara Mengizinkan Mac Address Tertentu Terhubung Di Indihome – Indihome merupakan salah satu layanan internet terbesar di Indonesia yang dinaungi oleh pihak Telkom. Dengan menggunakan Indihome kita isa menggunakan akses internet tanpa batas dan juga speed internet yang cepat karena sudah menggunakan Fiber Optik.

Namun, jika kalian memasang indihome di rumah kalian pasti banyak teman teman kalian atau bahkan tetangga yang sibuk meminta akses internet nya, seperti password untuk akses login agar mereka juga bisa menggunakan Internet tanpa paket data. Hanya saja terkadang saat kita sedang mengerjakan sesuatu yang membutuhkan akses internet akan terasa lambat jika banyak pengguna yang terhubung di WiFi Indihome kita.

Lalu, bagaimana cara mengatasinya ?

Ada beberapa hal yang bisa kita lakukan, di antaranya adalah mengganti password, memblock Mac Address atau Mengizinkan salah satu Mac Address yang akan terhubung di WiFi Indihome. Lalu bagaimana caranya ? Untuk lebih jelasnya kalian bisa ikuti langkah langkah di bawah ini .

Advertisement

Daftar Isi

Cara Mengganti Password Indihome

Untuk mengganti password pada modem Indihome, kalian bisa buka browser kalian saya sarankan untuk menggunakan Google Chrome. Jika sudah kalian bisa ketik di kolom URL dengan alamat IP nya yaitu 192.168.0.1 atau 192.169.100.1 atau 192.168.1.1 

Jika sudah, kalian bisa masukan passwordnya yaitu

Username : admin
Password : admin

Username : user
Password : user

Username : admin
Password : telkomdso123

Kalian bisa mencoba salah satu dari username dan password di atas.

Jika sudah, kalian bisa masuk ke menu Network lalu WLAN lalu kalian klik pada Security lalu pada menu Authentication Type kalian bisa pilih WPA/WPA2 – PSK lalu pada menu WPA Passphrase kalian bisa isikan password kalian. atau yang sudah ada passwordnya kalian bisa tinggal ganti saja. Lalu jika sudah kalian klik Submit

Nah di atas adalah cara untuk mengganti password Indihome, lalu langkah selanjutnya adalah kita bisa juga memblokir pengguna Indihome di Modem ZTE ini, caranya kalian bisa baca di sini : Cara Memblokir Pengguna WiFi Indihome dengan begitu pengguna yang terhubung akan secara otomatis terputus jika kalian sudah memblokirnya.

Tapi, kalian juga bisa mengizinkan perangkat yang boleh terhubung di Modem Indihome kalian dengan Mac Address. Jadi, jika mereka tidak akan bisa terhubung jika tidak kalian masukan Mac Address di Modem Indihome kalian. Untuk lebih jelasnya, kalian bisa ikuti langkah langkah berikut ini.

Cara Mengetahui Mac Address Pada Perangkat

Beberapa perangkat jaringan atau yang terhubung dengan jaringan pastinya akan memiliki sebuah Mac Address.. Buat yang belum tau, Apa sih Mac Address itu ? Nah di sini saya kasih sedikit ulasan tentang Mac Address. Mac Address adalah sebuah alamat jaringan yang diimplementasikan pada lapisan data-link dalam tujuh lapisan model OSI, yang merepresentasikan sebuah node tertentu dalam jaringan.

Fungsi dari Mac Address ini adalah berfungsi untuk mengidentifikasi perangkat keras jaringan komputer sehingga perangkat bisa berkomunikasi. Karena keunikan Mac Address tersebut maka jaringan komputer dapat diidentifikasi siapa yang mengakses sebuah jaringan.

Nah, bagaimana sekarang kalian sudah mengerti kan apa itu Mac Address dan juga fungsinya, maka sekarang lanjut ke tutorialnya saja.

Lalu bagaimana cara mengizinkan mac address yang terhubung di Modem Indihome ?

Nah, untuk mengizinkan mac address yang bisa terhubung di Modem Indihome ini kalian bisa ikuti langkah langkah di bawah ini :

Mengizinkan Mac Address Tertentu Terhubung Modem Indihome

Untuk menggunakan cara ini, kalian bisa masuk terlebih dahulu ke Modem Indihome ini, Untuk loginnya sama dengan cara yang di atas. Kalian bisa menggunakan Google Chrome lalu kalian buka alamat IP nya yaitu 192.168.0.1 atau 192.168.1.1 atau bisa juga 192.169.100.1

Jika sudah, kalian masukan username dan password seperti cara sebelumnya.

Jika sudah, kalian bisa masuk ke menu Network lalu WLAN lalu pilih menu Access Control List jika sudah, di sana akan ada menu Mode, dan jika di klik akan ada mode Blcok, Mode Permit, dan juga Disabled. Nah di sini kalian bisa menggunakan Mode Permit untuk menambahkan Mac Address yang boleh terhubung di WiFi Indihome. Jika sudah kalian bisa klik tombol Add

Nah dengan ini, perangkat yang tidak di daftarkan Mac Address nya maka tidak akan bisa konek ke modem Indihome tersebut. Namun, kalian perlu mengetahui Mac Address dari perangkat” tersebut.

Bagaimana Cara Mengetahui Mac Address ?

Untuk mengetahui Mac Address pada sebuah perangkat, kalian bisa ikuti langkah di bawah ini :

Cek Mac Address di PC / Laptop

Pertama, kalian bisa tekan tombol Windows + R atau RUN, jika sudah kalian bisa ketik CMD lalu jika sudah keluar layar hitam, kalian bisa ketik Ipconfig /all lalu Enter. Maka Mac Address akan muncul seperti di bawah ini :

Cek Mac Address Di Smartphone

  • Langkah pertama, kalian bisa buka pengaturan
  • Lalu, kalian buka tentang Ponsel
  • Lalu pilih menu Status
  • Nah pada menu Status itu akan muncul beberap menu termasuk Alamat MAC WiFI

Nah alamat MAC WiFi itulah yang harusnya kalian daftarkan nanti di modem Indihome tersebut.

Bagaimana ? Sangat mudahkan cara mengizinkan mac address tertentu terhubung di modem indihome ini, semoga dengan artikel ini bisa bermanfaat untuk kita semua.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here