Beranda Tips Komputer Apa Itu Komputer Generasi Kelima?

Apa Itu Komputer Generasi Kelima?

58
0
Advertisement

Komputer generasi kelima merupakan sebuah komputer yang mulai mengunakan mikroprosessor dengan teknologi ULSI. Teknologi ini yang memungkinkan pemadatan 10 juta komponen didalam sebuah mikroprocessor.

Komputer ini pun mulai berkembang sejak tahun 1980 sampai saat ini. Ciri-ciri dari komputer generasi kelima yaitu penggunaan parallel processing dan Artificial Intelegence. Dengan parallel processing ini komputer akan memiliki kemampuan untuk dapat menyelesaikan pemrosesan yang sangat banyak dengan lebih cepat.

Baca Juga : Ternyata FaceApp Bisa Bahayakan Pengguna

Sebab saat menggunakan beberapa buah processor yang dapat bekerja bersamaan secara parallel. Untuk kecerdasan buatan (AI) pada komputer generasi kelima ini masih dalam tahap permulaan atau AI tingkat rendah. Serta belum digunakan secara maksimal karna masih dalam tahap pengembangan.

Advertisement

Contoh kecerdasan buatan yang ada saat ini misalnya face recognition yang telah digunakan pada kamera atau progam editing foto. Dalam segi bentuk pun, komputer generasi keenam ini masih mirip dengan komputer generasi keempat.

Terdiri atas monitor untuk menampilkan display, lalu CPU dimana berbagai hardware inti komputer di simpan, serta keyboard dan mouse sebagai alat input. Semua itu berbentuk fisik, akan tetapi memiliki ukuran yang lebih kecil dan bobot yang lebih ringan.

Selain itu juga dalam hal kecanggihan, pada komputer generasi kelima ini telah muncul komputer dengan layar sentuh. Sehingga meskipun tanpa keyboard maupun mouse sekalipun, kamu dapat menginput data ke dalam komputer dengan mudah.

Baca Juga : Cara Menemukan Judul Lagu Di PC

Dalam hal bahasa pemograman pun, masih menggunakan bahasa tingkat tinggi yang lebih mudah dimengerti oleh manusia. Muncul juga bahasa pemograman komputer baru, yang merupakan hasil dari pengembangan bahasa pemograman sebelumnya serta lebih mudah dimengerti dan lebih praktis.

Akan tetapi masih berupa bahasa tingkat tinggi. Untuk generasi kedepan, dengan banyaknya berkembangnya kecerdasan buatan, ini tidak mustahil akan muncul sebuah komputer tanpa program programless computer.

Performa komputer generasi kelima ini sudah jauh meningkat dibanding dengan komputer generasi sebelumnya. Dengan parallel komputer serta teknologi yang superkonduktor ini dapat mengalirkan informasi elektronik tanpa adanya hambatan dalam kecepatan tinggi, efisiensi dan efektifitas kinerja komputer yang semakin meningkat.

Kualitas grafis yang ditampilkan pun semakin baik. Kapasitas penyimpanannya, baik itu harddisk internal maupun eksternal yang mencapai ukuran terrabyte. Kapasita RAM pun yang semakin besar, memungkinkan kinerja komputer ini semakin baik.

Terdapat beberapa komponen yang akan menjadi ciri dari komputer generasi kelima ini. Yaitu menggunakan teknologi ULSI (Ultra Large Scale Integration), yang akan memungkinkan pemadatan sampai dengan 10 juta komponen dalam sebuah mikroprocessor.

Lalu Artificial Intelegenca (AI) atau kecerdasan buatan ini telah memanfaatkan AI, meskipun masih dalam tingkat rendah. Parallel Processing, penggunaan pun lebih dari satu prosessor yang sudah dapat bekerja bersama secara parallel.

Kemudian komponen pada komputer ini yaitu menggunakan teknologi Superkonduktor yang akan memungkinkan aliran informasi dengan kecepatan tinggi. Interface yang lebih user friendly contohnya mouse dengan sensor optik, serta mouse tanpa kabel (wireless), dan mouse sensorik.

Hardware komputer ini yang lebih kecol, compact, ringan, dan relatif lebih murah akan tetapi tentunya lebih canggih. Komponen terakhir yaitu telah dikembangkan natular language understanding. Yang merupakan pengembangan teknologi dan memungkinkan komputer untuk dapat mengerti bahasa manusia.
Contoh dari komputer generasi kelima ini yaitu Macintosh.

Macintosh merupakan komputer yang telah diproduksi oleh Apple. Macintosh 128k ini merupakan komputer pertama Apple, Inc yang diperkenalkan pertama kali pada bulan Januari 1984 silam.

Komputer ini pun merupakan komputer pertama yang telah memperkenalkan sistem antarmuka dalam sebuah tampilan grafis. Selain CPU, Mac 128k ini dilengkapi juga dengan monitor CRT yang berukuran 9 inchi, serta keyboard dan mouse.

Itulah penjelasan mengenai komputer generasi kelima, yang ternyata komputer kita gunakan saat ini loh. Untuk itu wajib untuk kamu ketahui asal usul dari komputer generasi kelima ini. Semoga informasinya bermanfaat buat kamu. Untuk artikel lebih lengkap seputar tekno, kamu bisa kunjungi JurnalTekno.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here